Surya Paloh Optimistis Nasdem Masuk Tiga Besar di Pemilu 2019

Surya Paloh Optimistis Nasdem Masuk Tiga Besar di Pemilu 2019
Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh dalam safari politik di Lapangan Desa Kedungdalem, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu, 6 April 2019. ( Foto: Istimewa )
Yeremia Sukoyo / CAH Minggu, 7 April 2019 | 18:03 WIB

Bali, Beritasatu.com - Sejumlah lembaga survei telah merilis hasil survei terkait perolehan suara partai politik di Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang. Dari hasil seluruh lembaga survei, disebutkan tidak semua partai politik dapat lolos ke Senayan lantaran tidak memenuhi syarat ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil surveinya terkait peringkat partai politik untuk Pemilu Legislatif 2019. Hasilnya, diprediksikan hanya ada lima partai politik yang akan menempatkan wakilnya di DPR periode 2019-2024.

Kelima partai tersebut menurut survei LSI Denny JA adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) 24,6 persen, Partai Gerindra 13,4 persen, Partai Golkar 11,8 persen, Partai Demokrat 5,9 persen, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 5,8 persen.

Sedangkan, partai-partai di bawah empat persen, yakni Perindo 3,9 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 3,9 persen, Partai Amanat Nasional (PAN) 3,1 persen, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 2,9 persen dan Partai Nasdem 2,5 persen.

Hasil lembaga survei lainnya, yakni survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia, ada delapan partai yang lolos karena memiliki elektabilitas di atas angka empat persen yang merupakan syarat perolehan suara bagi partai untuk bisa duduk di parlemen.

Delapan partai tersebut masing-masing PDIP sebesar 24,2 persen, Gerindra 11,7 persen, Golkar 11,5 persen, PKB 8,8 persen, Demokrat 8,7 persen, PKS 6,0 persen, Nasdem 5,7 persen, dan PPP sebesar 4,9 persen.

Menyingkapi kondisi ini, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, menyampaikan keyakinannya bahwa Partai Nasdem dapat berbicara banyak di Pemilu serentak 2019. Target menuju tiga besar Parpol pemenang Pemilu bisa dibuktikan pada hari H pencoblosan.

"Bolehlah saya menyatakan harapan untuk mencapai hasil tiga besar itu insyaallah 10 hari lagi kita lihat. (Target 100 kursi DPR) boleh saja meleset. Tapi hasil tiga besar saya yakin dapat," kata Surya Paloh sesaat setelah kampanye Akbar di Lapangan Stadion Gunung Agung, Karangasem, Bali, Minggu (7/4).

Menurut Surya, Partai Nasdem sudah melakukan berbagai persiapan menghadapi Pemilu. Persiapan yang dilakukan bahkan dilakukan sejak pemilu 2014 berakhir, atau lima tahun lalu.

Dalam kesempatan itu, Surya juga meyakini pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf dapat kembali dipercaya masyarakat Indonesia. Asalkan, semua kader dapat bergerak dapat merangkul hati masyarakat.

Sebelumnya, Nasdem juga telah menggelar kampanye akbar di lapangan Kedungdalem, Dringu, Kab. Probolinggo, Jawa Timur, dan kampanye akbar di Lapangan Gajah Mada Medan, Sumatera Utara.

Dalam kampanye Akbar di Bali, Surya Paloh disambut 500 penari Pendet dan melakukan simulasi pencoblosan kertas suara raksasa. Hadir mendampingi juru kampanye nasional TKN Siti Nurbaya, Ketua DPP partai Nasdem Willy Aditya, dan sejumlah jajaran Nasdem lainnya.

Saat kampanye Akbar kali ini, belasan ribu kader dan simpatisan yang hadir juga turut serta mendeklarasikan "Deklarasi Akbar Pemenangan Jokowi-Ma'ruf dan Partai Nasdem Provinsi Bali" yang dipimpin Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali, Ida Bagus Oka Gunastawa. 



Sumber: Suara Pembaruan