Bawaslu Pastikan Pengawas TPS Terlatih

Bawaslu Pastikan Pengawas TPS Terlatih
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, menggelar simulasi proses pemungutan suara dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS). ( Foto: Beritasatu TV )
Yustinus Paat / FER Senin, 8 April 2019 | 16:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Mochammad Afifuddin, mengatakan, pihaknya telah menyiap pengawas TPS yang bertugas mengawasi proses pungut-hitung di TPS. Pengawas TPS, akan melakukan pengawasan mulai dari persiapan dan pelaksanaan pemungutan suara, serta persiapan, pelaksanaan dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Kita sudah melakukan pelatihan dan pembekalan kepada pengawas TPS untuk benar-benar mengawasi secara aktif proses pungut-hitung di TPS," ujar Afif di Jakarta, Senin (8/4/2019).

Bawaslu, kata Afif, akan melakukan pelatihan dan bimtek putaran kedua bagi pengawas TPS di seluruh Indonesia pada 11 April 2019 mendatang. Para pengawas TPS ini akan dibekali dengan pengetahuan tentang aturan termasuk kategori-kategori tindakan atau kejadiaan yang dianggap pelanggaran dalam proses pungut hitung.

"Kalau sudah dibekali pengetahuan aturan dan lain-lain, harapan kami mereka sudah bisa melaporkan pelanggaran di TPS," ungkap Afif.

Apalagi, kata Afif, pengawas TPS bisa mengajukan keberatan jika ditemukan adanya pelanggaran, kecurangan dan kesalahan dalam proses pungut-hitung. Rekomendasi pengawas TPS wajib dilaksanakan oleh KPPS.

"Pengawas TPS juga bisa merekam proses pungut-hitung di TPS untuk melaporkan berbagai dugaan pelanggaran," tandas Afif.



Sumber: BeritaSatu.com