Survei Puskaptis: Elektabilitas Prabowo Lampaui Jokowi

Survei Puskaptis: Elektabilitas Prabowo Lampaui Jokowi
Capres 02 Prabowo Subianto saat kampanye akbar, di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (7/4/2019) ( Foto: istimewa )
Hotman Siregar / YUD Senin, 8 April 2019 | 17:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Lembaga survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) kembali merilis hasil survei terbarunya. Hasilnya, elektabilitas paslon nomor 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mencapai 47,59 persen, sedangkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebesar 45,37 persen.

Sementara mereka yang belum menentukan pilihan alias swing voter, 7,04 persen.

"Dengan tren positif seperti ini, boleh jadi Prabowo-Sandi di ambang kemenangan," kata Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid di kawasan Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2019).

Tingginya elektabilitas Prabowo-Sandi, menurut Yazid, karena mayoritas responden menginginkan perubahan dan presiden baru. Sosok Prabowo-Sandi juga dipandang mampu memperbaiki kondisi ekonomi saat ini serta memiliki karakter tegas dan berwibawa.

Survei tersebut dilakukan pada 26 Maret-2 April 2019, secara proporsional di 34 provinsi yang mempunyai hak pilih dalam Pilpres 17 April 2019. Yakni mereka yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah dan terdaftar di KPU sebagai pemilih ketika survei dilakukan.

Jumlah sampel responden yang diambil sebanyak 2.100 orang. Penentuan responden dilakukan secara random sistematis, dengan margin error + 2,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.



Sumber: Suara Pembaruan