Jokowi Bangun Rasa Percaya Diri Masyarakat Adat

Jokowi Bangun Rasa Percaya Diri Masyarakat Adat
Hasto Kristiyanto. ( Foto: Dok TKN )
Markus Junianto Sihaloho / WBP Selasa, 9 April 2019 | 16:04 WIB

Sikka, Beritasatu.com  - Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto didampingi Ketua DPP PDIP Andreas Pereira bertemu sejumlah tokoh adat di Flores Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (9/4/2019) di sela-sela kampanyenya. Para pemangku adat itu tergabung dalam Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), yang dipimpin ketua hariannya Laurecius.

Hasto Kristiyanto mengaku, PDIP menyerap aspirasi masyarakat adat untuk mempercepat Undang-Undang tentang hak masyarakat adat. "Itu sikap ideologis partai yang akan kami perjuangkan. Langkah pelopor kan sudah dilakukan bapak presiden (Jokowi)," kata Hasto Kristiyanto.

Menurut Hasto Kristiyanto, masyarakat adat nusantara terkait dengan akar kebudayaan Indonesia Raya. Adapun pemerintahan Jokowi menaruh perhatian penuh kepada masyarakat adat seperti pengakuan terhadap hak tanah adat dan ulayat.

Sementara capres 02 Prabowo Subianto justru melakukan penguasaan tanah rakyat. "Pak Jokowi membangun rasa percaya kepemimpinan masyarakat adat," ujar Hasto Kristiyanto.

Hasto Kristiyanto mengatakan, dukungan Jokowi sejalan dengan PDIP yang menempatkan masyarakat adat dalam kearifan lokal atau local wisdom. "Karena ini bagian akar masyarakat. Karena itulah dasar ideologi kultural yang kami perjuangkan," pungkas Hasto Kristiyanto.



Sumber: BeritaSatu.com