40% Pemilih Belum Tahu Pemungutan Suara Pemilu 17 April

40% Pemilih Belum Tahu Pemungutan Suara Pemilu 17 April
Ilustrasi Pemilu 2019. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / WBP Selasa, 9 April 2019 | 17:03 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Pemilu Legislatif (Pileg) serta Pemilu Presiden (Pilpres) akan berlangsung pada 17 April 2019. Namun sekitar 40 persen belum mengetahui hal itu.

“Belum semua masyarakat kita, dari 192 juta pemilih tahu bahwa tanggal 17 April itu nyoblos. Sebanyak 40 persen. Harus ada sosialisasi. Di sini peran media sangat menentukan. Sosialisasi bahwa 17 April akan ada pemilu,” kata Menteri Koordinator (menko) Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto dalam forum silaturahmi Menko Polhukam dengan pemimpin redaksi media massa bertajuk “Pemilu Damai Adalah Kebanggaan Bangsa, Kita Semua Bersaudara” di Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Wiranto menuturkan, sejumlah pihak seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan pemerintah terus mengoptimalkan sosialisasi. Bahkan dirinya hampir setiap minggu mengumpulkan pemangku kepentingan untuk mensosialisasikan pemilu. “Untuk menjelaskan ke masyarakat, jangan takut, pemilu ini aman. Jangan pergi ke luar negeri. Kita sudah lakukan apel untuk yakinkan masyarakat aman. Saudara-saudara aman dari rumah ke TPS (tempat pemungutan suara),” tutur Wiranto.

Wiranto menambahkan, persiapan pemungutan suara terus dimatangkan. “Ada kotak suara belum sampai, dan petugas TPS belum dilantik. Tapi jumlahnya kecil. Sebelum hari H sudah rampung semua,” imbuh Wiranto.

Kegiatan itu turut dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, R Niken Widiastuti, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, Ketua Forum Pemred Kemal Gani, jajaran Kementerian Koordinator Polhukam, serta puluhan pemred dan perwakilan media.



Sumber: Suara Pembaruan