Nasdem Cek Surat Suara yang Sudah Tercoblos di Malaysia

Nasdem Cek Surat Suara yang Sudah Tercoblos di Malaysia
Ketua DPP Bidang Media dan Komunikasi Publik Willy Aditya (tengah) bersama Sekjen Partai NasDem Johnny G. Plate (kiri) dan Wasekjen Dedy Ramanta (kanan). ( Foto: ANTARA FOTO )
Yustinus Paat / JAS Kamis, 11 April 2019 | 17:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - DPP Partai Nasdem langsung meminta jajarannya di Malaysia untuk mengecek kebenaran informasi terkait tercoblosnya surat suara untuk sejumlah caleg asal Partai Nasdem dan Capres-Cawapres Nomor Urut 01 Jokowi-Ma'ruf di Selangor Malaysia.

Surat suara tersebut dikabarkan dicoblos untuk caleg Nasdem Dapil DKI Jakarta Nomor Urut 2 dengan nama Davin Kirana serta Nomor Urut 3 dengan nama Ahmad.

"DPP NasDem saat ini terus mencari informasi kebenaran rekaman videondengan menugaskan langsung Ketua Nasdem Malaysia Tengku Adnan untuk mendatangi langsung lokasi tempat tersimpannya surat suara yang diindikasi telah tercoblos untuk caleg NasDem Dapil DKI Jakarta nomor urut 2 dengan nama Davin Kirana serta nomor urut 3 dengan nama Ahmad," ujar Ketua DPP Bidang Media dan Informasi Publik Nasdem, Willy Aditya, dalam keterangannya, Kamis (11/4/2019).

Willy menegasakan pada prinsipnya Nasdem sangat menghormati dan menjunjung tinggi asas Luber Jurdil (langsung, umum, bersih, jujur, adil) dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2019.

"Nasdem akan menyerahkan segala bentuk temuan-temuan ataupun indikasi-indikasi ketidakjujuran pelaksanaan Pemilu kepada penyelenggara Pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu," pungkas Willy.

Sebelumnya, beredar video tentang penggerebekan lokasi tempat penyeludupan surat suara pos di sebuah ruko di kawasan Bangi, Selangor, Malaysia. Dalam video tersebut, disebutkan bahwa surat suara Pilpres sudah tercoblos untuk Pasangan Calon Presiden Nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf dan surat suara pileg untuk Partai Nasdem dengan caleg Nomor urut 3 dengan nama Ahmad.

Dalam video tersebut, tampak puluhan kantong surat suara Pemilu 2019. Selain itu, ada foto yang menunjukkan bahwa surat suara tercoblos untuk Davin Kirana

"Barang-barang sudah dicoblos di Malaysia Selangor. Sudah dicoblos 01, Partai Nasdem Nomor 5, calegnya Nomor urut 3 namanya Ahmad. Kami harap KPU Indonesia membatalkan semua urusan tentang DPL Malaysia dari hari ini sampai tanggal 14 (April). Kalau tidak kami akan duduki KBRI," ujar seorang pria dalam video tersebut sambil memperlihatkan surat suara yang sudah tercoblos.

Padahal, pemungutan suara di wilayah Malaysia baru diselenggarakan pada hari Minggu, 14 April 2019. Pencoblosan dilakikan di Kuala lumpur, Kinabalu, Kuching, Penang, dan Tawau. 



Sumber: Suara Pembaruan