Kabar Surat Suara Tercoblos, TKN Tunggu Laporan Resmi

Kabar Surat Suara Tercoblos, TKN Tunggu Laporan Resmi
Sekretaris TKN Jokowi-KH Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto, dalam kampanye terbuka di Pulau Flores yang dipusatkan di Kabupaten Sikka, Selasa (9/4/2019). ( Foto: istimewa / istimewa )
Markus Junianto Sihaloho / YUD Kamis, 11 April 2019 | 18:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Publik dihebohkan dengan laporan dugaan surat suara tercoblos di Malaysia. Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto, meminta semua pihak untuk tetap tenang dan menunggu penjelasan resmi dari lembaga penyelenggara pemilu dan aparat hukum.

Hasto mengatakan sejauh ini pihaknya terus memonitor situasi di Malaysia. Sebagai Sekjen PDIP, dia memberi tahu bahwa sejumlah caleg PDIP yang memiliki dapil luar negeri sudah melakukan monitoring langsung. Seperti tim dari Eriko Sotarduga, Zuhairi Misrwai, dan Masinton Pasaribu.

"Yang jelas sama sekali tidak ada perintah atau arahan dari paslon Jokowi-Ma'ruf dan TKN untuk curang. Mohon ini dipertegas. Dan harus dipahami juga bahwa rivalitas diantara caleg kan juga tinggi," kata Hasto menjawab wartawan di Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Sejak awal, lanjut Hasto, pihaknya sudah memahami bahwa Malaysia adalah daerah yang berimbang sejak dahulu. Dan justru karena itu menjadi rawan kecurangan. Maka sejak awal TKN terus berupaya mengantisipasi agar jangan sampai terjadi upaya mendelegitimasi penyelenggaraan pemilu lewat munculnya kasus seperti di Malaysia.

"Mari kita melihat masalah ini dengan jernih. Karena beberapa hari ini banyak hoax. Dulu ada hoax 7 kontainer. Lalu hoax server KPU. Kita melihat ada upaya sistematis membangun disain untuk mendelegitimasi kualitas demokrasi kita. Tapi kami harus hati-hati melihat hal tersebut," ujar Hasto.

Sebelumnya, beredar video tentang penggerebekan lokasi tempat penyeludupan surat suara pos di sebuah ruko di kawasan Bangi, Selangor, Malaysia. Dalam video tersebut, disebutkan bahwa surat suara Pilpres sudah tercoblos untuk Pasangan Calon Presiden Nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf dan surat suara pileg untuk Partai Nasdem dengan caleg Nomor urut 3 dengan nama Ahmad.

"Barang-barang sudah dicoblos di Malaysia Selangor. Sudah dicoblos 01, Partai Nasdem Nomor 5, calegnya Nomor urut 3 namanya Ahmad. Kami harap KPU Indonesia membatalkan semua urusan tentang DPL Malaysia dari hari ini sampai tanggal 14 (April). Kalau tidak kami akan duduki KBRI," ujar seorang pria dalam video tersebut sambil memperlihatkan surat suara yang sudah tercoblos.



Sumber: BeritaSatu.com