Soal Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Tsamara: Bukan Permainan Jokowi

Soal Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Tsamara: Bukan Permainan Jokowi
Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsmara Amany saat memberikan sambutan di pertemuan dengan karang taruna wisata Kalimas di Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (21/2). ( Foto: istimewa )
Yustinus Paat / MPA Kamis, 11 April 2019 | 20:00 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Calon Anggota Legislatif Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dapil DKI Jakarta II (Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Luar Negeri) Tsamara Amany meminta Bawaslu mengusut tuntas kasus surat suara yang tercoblos di Malaysia. PSI, kata Tsamara, yakin bahwa kasus ini bukan permainan Calon Presiden Nomor 01 Joko Widodo.

"Saya yakin ini bukan permainan Pak Jokowi. Kita harus melihat ini secara menyeluruh, bahwa ada isu permainan kotor dalam memenangkan calon anggota legislatif tertentu," ujar Tsamara di Jakarta, Kamis (11/4).

Dalam surat suara yang tercoblos, kata Tsamara, suara ditujukan untuk caleg Nasdem dapil Jakarta II Davin Kirana dan Achmad. Ada isu yang berkembang, kata dia, bahwa kejadian ini terkait dengan Davin Kirana yang merupakan anak dari Rusdi Kirana yang kini menjabat sebagai duta besar RI di Malaysia.

"Ada kecurigaan publik mengenai penggunaan kekuasaan untuk kepentingan politik tertentu dalam hal ini anaknya sendiri," tandas dia.

Tsamara mengatakan dirinya tak ingin percaya soal isu yang berkembang terkait surat tercoblos tersebut. "Karena itu Bawaslu sebaiknya segera mengusut tuntas siapa pelaku dibalik surat suara yang tercoblos agar isu permainan politik yang kini berkembang di publik bisa segera dijawab dengan fakta dan bukti," pungkas dia.

Sebelumnya, beredar video tentang penggerebekan lokasi tempat penyeludupan surat suara pos di sebuah ruko di kawasan Bangi, Selangor, Malaysia. Dalam video tersebut, disebutkan bahwa surat suara Pilpres sudah tercoblos untuk Pasangan Calon Presiden Nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf dan surat suara pileg untuk Partai Nasdem dengan caleg Nomor urut 3 dengan nama Achmad.

Terdapat juga foto surat suara yang sudah tercoblos untuk Caleg Nasdem Davin Kirana.

"Barang-barang sudah dicoblos di Malaysia Selangor. Sudah dicoblos 01, Partai Nasdem Nomor 5, calegnya Nomor urut 3 namanya Ahmad. Kami harap KPU Indonesia membatalkan semua urusan tentang DPL Malaysia dari hari ini sampai tanggal 14 (April). Kalau tidak kami akan duduki KBRI," ujar seorang pria dalam video tersebut sambil memperlihatkan surat suara yang sudah tercoblos



Sumber: BeritaSatu.com