Hari Ini KPU Layani Pemilih DPTb Hingga Pukul 16.00

Hari Ini KPU Layani Pemilih DPTb Hingga Pukul 16.00
Warga mengantre untuk mengurus formulir A5 agar dapat melakukan pencoblosan pada Pemilu 2019 di Kantor KPUD Jakarta Selatan, Rabu 10 April 2019. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao )
Yustinus Paat / WM Rabu, 10 April 2019 | 16:16 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Komisioner KPU Viryan mengatakan, pihaknya melayani pengurusan pindah memilih bagi pemilih kategori DPTb hingga hari ini, Rabu, 10 April 2019. Karena itu, Viryan mengimbau pemilih yang bakal melakukan pindah memilih segera mengurus dokumennya hingga pukul 16.00 waktu setempat.

"KPU melayani (pengurusan) pindah memilih sampai hari ini, pukul 16.00," ujar Viryan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Viryan mengatakan, KPU melayani pemilih DPTb sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi hingga 7 hari sebelum hari pemungutan suara, 17 April 2019. Pemilih DPTb yang dilayani KPU adalah pemilih dengan kategori sakit, tahanan, bencana alam, atau menjalankan tugas saat pemungutan suara.

"Maka kami mengimbau pada rekan-rekan peserta pemilu dalam hal saksinya nanti di TPS misalnya saksinya bukan dari TPS setempat dan jaraknya cukup jauh kita minta hari ini segera mengurus pindah memilih. Karena hari ini terakhir," tutur dia.

Selain itu, kata Viryan, bagi pemilih yang sedang sakit dan dirawat di rumah sakit serta membutuhkan perawatan yang cukup lama sampai lebih dari 17 April 2019, agar keluarganya segera mengurus pindah memilih ke kantor KPU terdekat. KPU akan melayani hingga pukul 16.00.

Lebih lanjut, Viryan mengatakan KPU tidak bisa melayani pemilih DPTb di luar empat kategori yang disebutkan MK. Termasuk, kata Viryan, mahasiswa, pelajar dan pekerja informal karena mereka seharusnya sudah mengurus pindah memilih H-30 sebelum pemungutan suara.

"KPU sendiri dari sejak awal sudah proaktif mensosialisasikan, dari pertengahan desember 2018 terkait hal itu. Kita sosialisasikan dapat dukungan berbagai pihak sampai platform medsos. Facebook, google itu membantu kami," ungkap dia.

Bahkan, Viryan mengatakan KPU telah membuat dua tahapan pengurusan pindah memilih agar masyarakat proaktif mengurusnya.

"Kami berkali-berkali membuat tahapan pengurusan pindah memilih, yang pertama sampai h-60 lalu samapi h-30, kami telah bekerja tentu sesuai regulasi yang ada,"  kata Viryan



Sumber: BeritaSatu.com