Cyrus Network: Jokowi Akan Melenggang ke Periode Kedua

Cyrus Network: Jokowi Akan Melenggang ke Periode Kedua
Diskusi dan Pemaparan Survei Opini Publik Cyrus Ntwork, di Jakarta, Kamis (28/2/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Hotman Siregar / HA Jumat, 12 April 2019 | 02:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Lembaga survei Cyrus Network merilis hasil jajak pendapat terbarunya pada Jumat (11/4/2019), di mana elektabilitas pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin mencapai 56,4 persen dan unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang mendapat 38,1 persen.

Sebanyak 3,2 persen responden belum memutuskan, 0,7 persen tidak memilih, sedangkan 1,6 persen tidak menjawab.

Direktur Eksekutif Cyrus Network Hasan Nasbi mengatakan, enam hari jelang pencoblosan, elektabilitas Jokowi-Maruf belum tergoyahkan. Hasan meyakini Jokowi akan melenggang untuk kedua kalinya memimpin negeri ini.

"Kami yakin paslon nomor urut 01 akan menang pilpres dengan selisih dua digit," ujar Hasan.

Keyakinan Hasan berdasarkan data yang dimilikinya. Bahkan, dia berani bertaruh akan pensiun dari dunia survei kalau prediksinya salah.

"Saya berani bertaruh, jika Jokowi kalah saya pensiun dari dunia survei, dan sebaliknya. Kenapa saya yakin Jokowi menang, karena saya percaya dengan data yang kami kerjakan. Sampai saat ini, saya belum menemukan penantang," ungkapnya.

Hasan mengatakan hasil surveinya ini paling otentik dibanding lembaga survei lainnya. Karena kata dia, undecided voters hanya 5 persen, sementara lembaga lain masih jauh mencapai dua digit.

"Jika undecided voters-nya dua digit saya bisa pastikan hasil survei mereka akan meleset. Sementara Cyrus survei terakhir ini sudah 5 persen," ujarnya.

Survei nasional ini dilakukan Cyrus 27 Maret-2 April 2019 terhadap 1.230 responden, yang tersebar di wilayah desa 51 persen dan kota 49 persen.



Sumber: Suara Pembaruan