Saksikan Debat Final Capres-Cawapres di Beritasatu TV

Saksikan Debat Final Capres-Cawapres di Beritasatu TV
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (ketiga kiri) dan Ma'ruf Amin (kiri) bersalaman dengan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) seusai debat pertama capres-cawapres dalam Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis, 17 Januari 2019. ( Foto: SP/Joanito de Saojoao )
Anselmus Bata / AB Jumat, 12 April 2019 | 12:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dua pasangan capres-cawapres 2019 Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi akan kembali bertemu di arena debat. Dari seluruh rangkaian debat, ini merupakan kali kedua bagi pasangan capres-cawapres berdebat dalam satu panggung.

Pertemuan ini akan menarik perhatian publik karena merupakan debat pamungkas dari seluruh rangkaian debat Pilpres 2019. Debat terakhir yang menjadi bagian dari upaya menyebarluaskan visi dan misi capres-cawapres akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sabtu (13/4/2019).

Manager News Production Beritasatu TV, Fahruri Satori, dalam keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Jumat (12/4/2019), menyatakan selain terlibat langsung dalam penggarapan debat final bersama tiga stasiun televisi lainnya, Beritasatu TV juga menyiapkan program Special Report Debat Capres-Cawapres 2019. Penayangan program ini meliputi pradebat, debat, dan pascadebat.

Sejumlah narasumber kompeten akan dihadirkan untuk membedah tema debat, selain laporan langsung dari lokasi debat di Hotel Sultan Jakarta, serta laporan nonton bareng para pendukung kedua paslon.

Debat kali ini akan membedah tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri. KPU telah menunjuk 10 panelis yang terdiri dari akademisi dan ahli untuk menyusun pertanyaan debat kelima ini.

Debat akan dipandu Balqis Manisang dan Tommy Ristanto. Presenter Beritasatu TV Amie Ardhini dan Rudy Andanu serta reporter Reza Firmansyah Ismail, juga akan ikut memandu acara yang menjadi bagian dari perhelatan tersebut

Sebagaimana debat sebelumnya, debat capres-cawapres kali ini akan terbagi dalam enam segmen. Pada segmen pertama, capres menyampaikan visi dan misinya, sementara pada segmen kedua dan ketiga, capres-cawapres menjawab pertanyaan dari panelis yang disampaikan moderator.

Pada segmen keempat dan kelima merupakan bagian yang paling menarik dan ditunggu-tunggu publik, sebab capres-cawapres akan diberikan kesempatan untuk berdebat terbuka. Pada segmen keenam atau segmen terakhir, capres-cawapres akan memberikan pernyataan penutup.

Menurut Fahruri Satori, ada sedikit perbedaan pada debat pamungkas ini. Saat sesi pembacaan doa akan dihadirkan perwakilan pemuka agama yang diakui di Indonesia. Sebelumnya doa hanya dipimpin oleh perwakilan dari agama Islam.

Special Report Debat Capres-Cawapres 2019 akan mulai tayang di layar Beritasatu TV pukul 18.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Program spesial ini dharapkan dapat membantu publik untuk menentukan pilihannya pada 17 April 2019. Selama debat berlangsung, pemirsa Beritasatu TV dapat ikut berpartisipasi dalam polling melalui akun Twitter @BeritaSatu dengan menjawab pertanyaan: siapa yang dinilai unggul dalam debat kelima. Hasil polling akan ditampilkan setelah debat usai.

Selain Beritasatu TV, penyelenggara siaran debat kelima dilaksanakan bersama tiga televisi lain, yakni Net TV, TVone, dan ANTV.

"Semua persiapan berjalan cukup baik. Ini menjadi tantangan bagi televisi penyelenggara untuk menghadirkan tayangan debat yang lebih baik dari sebelumnya," kata Fahruri Satori.



Sumber: BeritaSatu.com