PSI: Golput Bentuk Kekecewaan Publik Atas Kinerja Partai Lama

PSI: Golput Bentuk Kekecewaan Publik Atas Kinerja Partai Lama
Ketua Umum PSI Grace Natalie. ( Foto: istimewa )
Yustinus Paat / CAH Jumat, 12 April 2019 | 13:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menyikapi ancaman golput di Pemilu 2019 nanti. Menurut Grace, golput terjadi karena publik kecewa dengan kinerja partai lama yang mengabaikan rakyat dan berorientasi pada kekuasaan semata.

“PSI sadar golput lahir karena kekecewaan terhadap politik, terhadap partai yang selama ini abai," ujar Grace Natalie di acara Festival 11 PSI di Jakarta International Expo (JIExpo), Kamis (11/4/2019) malam.

Grace mengatakan kelompok masyarakat yang sengaja tidak menggunakan hak suara memilihnya merupakan kalangan masyarakat yang kecewa dengan situasi politik yang ada. Bagi PSI, golput dianggap penting karena bisa menjadi bahan evaluasi dan cerminan diri partai-partai politik.

“Bagi PSI suara Golput penting dan berharga karena itu adalah sebuah cermin. Cara kita berkaca untuk menilai kekurangan yang ada pada diri kita. Konon, lawan debat adalah teman terbaik dalam berpikir," tandas Grace Natalie.

Meskipun refleksi dari kekecewaan politik, Grace mengharapkan golput masih bisa berubah pilihan politik. Dia juga mengatakan PSI akan menggandeng golput jika lolos ke parlemen nanti, untuk menjawab keresahan yang ada.

“Kami tentu saja masih berharap kalian (golput) berubah pikiran. Tapi, seandainya pun tidak, kami masih akan memperhitungkan dan mendengarkan suara kalian. Jika kelak lolos ke parlemen, kami ingin bekerjasama dengan dengan kalian untuk menjawab keresahan bersama kita,” tutur Grace Natalie.

Karena itu, Grace mengimbau masyarakat untuk mencoblos terlebih dahulu sebelum berlibur di 17 April nanti.

“Sementara bagi kalian yang berencana liburan, kami tidak menghalang-halangi, tapi please, kalau sempat datanglah ke TPS sebelum berlibur. Gunakan hak konstitusional kalian," pungkas Grace Natalie.



Sumber: BeritaSatu.com