Kampanye Jokowi-Amin, Pemulung Kebagian Rejeki

Kampanye Jokowi-Amin, Pemulung Kebagian Rejeki
Pemulung mendapatkan rejeki dengan mengumpulkan botol air mineral bekas massa kampanye akbar Joko Widodo-Ma'ruf Amin, di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. ( Foto: Beritasatu Photo / Bayu Marhanjati )
Bayu Marhaenjati / WBP Sabtu, 13 April 2019 | 14:39 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemulung mendapatkan rejeki dengan mengumpulkan botol air mineral bekas massa yang menghadiri kampanye akbar Joko Widodo-Ma'ruf Amin, di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

Suwito (35) mengaku senang karena bisa mengumpulkan enam karung botol dan gelas plastik air mineral, di kawasan Parkir Timur Senayan. Menurutnya, dia bisa mengantongi uang sebesar Rp 80.000 dari hasil memungut botol, hari ini.

"Tadi dari jam 08.00 ke sini. Iya mungut di sekitar parkiran GBK. Ini dapat enam karung. Ya bisa Rp 70.000 sampai Rp 80.000 ribu dah dapat," ujar Suwito kepada Beritasatu.com, Sabtu (13/4).

Biasanya, pria asal Bogor itu hanya mendapatkan penghasilan sekitar Rp 30.000 hasil memulung di sekitaran Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat. "Biasanya muter malam, dua sampai tiga kali di Benhil. Kalau di Benhil banyak pemulungnya, jadi berebutan," ungkap Suwito.

Suwito mengaku, memang sering datang ke kawasan SUGBK Senayan jika ada acara. Ia memarkirkan gerobaknya di atas trotoar di belakang Basket Hall Senayan, kemudian masuk sambil membawa karung dan memungut botol di sekitar area parkir. Begitu seterusnya hingga terkumpul sekitar enam karung.

"Kalau ada acara emang biasa mungut sama yang lainnya. Iya ini kebagian rejekinya (kampanye). Ini mau dibawa ke pengepul di Benhil," kata Suwito sambil mengikat karung berisi botol di atas gerobaknya.

Ketika ditanya apakah nanti akan balik lagi setelah mengantar enam karung itu, Suwito mengatakan tidak.

"Nggak, istirahat aja capai. Udah cukup rejekinya segini. Bagi-bagi yang lain. Kan bukan kita doang yang cari duit," tandas Suwito sembari pamit, dan kemudian menarik gerobaknya.

Selain pemulung, ratusan pedagang kaki lima yang menjajakan makanan dan minuman juga mendapatkan rejeki berlipat hari ini.

Sunarti, pedagang kopi keliling, mengaku sudah menjual sekitar 30 gelas siang ini. Selain massa, petugas kepolisian yang berjaga menjadi pelanggannya, di pinggir Jalan Gerbang Pemuda, Senayan. "Udah ada sekitar 30 gelas lakunya. Iya kopi sama es jeruk (minuman sachet), yang laku," sebut Suharti.

Sementara Agus, pedagang panganan otak-otak ikan tenggiri, menyampaikan, dagangannya sudah diborong semua sama relawan Jokowi-Amin. "Ini gratis, sudah diborong semua sama panitia Projo tadi. Iya nggak usah bayar," jelas Agus sambil melayani massa.

Jaga Kebersihan
Sementara itu, Relawan Joko Widodo-Ma'ruf Amin menerjunkan tim yang khusus memerhatikan kebersihan lingkungan, bertajuk "semut putih", dalam kampanye akbar, di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

"Tolong ya, sampahnya jangan buang sembarang. Dibuang pada tempatnya," begitu kata seorang ibu yang merupakan relawan semut putih sambil memungut sampah nasi kotak dan botol air mineral, di pinggir Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta Pusat.

Selain itu, pihak panitia juga menyediakan 300 toilet portable warna-warni di sejumlah titik. Beberapa diantaranya, berdiri berjajar di Jalan Asia Afrika.



Sumber: BeritaSatu.com