Massa Jokowi Membeludak, Erick Thohir Imbau Tertib dan Saling Jaga

Massa Jokowi Membeludak, Erick Thohir Imbau Tertib dan Saling Jaga
Pendukung pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin yang memenuhi lobby Hotel Athlete Century Hotel, Jakarta, Sabtu, 13 April 2019. Area sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno sesak dipadati massa pendukung pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin. ( Foto: BeritaSatu Photo / Emral Firdiansyah )
Hendro D Situmorang / FMB Sabtu, 13 April 2019 | 15:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ratusan ribu massa memadati Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta dan sekitarnya untuk meramaikan kampanye terbuka edisi pamungkas untuk Pasangan Calon 01, Joko Widodo - Ma'ruf Amin. Meski pintu GBK Senayan Jakarta baru dibuka pada pukul 12.00, tetapi massa sudah mendatangi kawasan yang menjadi pusat olahraga Indonesia sejak pagi hari.

Sebelum mengikuti Rapat Umum Rakyat Konser Putih Bersatu yang dimulai pada pukul 14.00 WIB, massa berkesempatan menyaksikan beragam atraksi budaya di sekitar kawasan GBK.

Ada tarian tradisional yang dimeriahkan oleh 1.000 penari. Ada juga atraksi Reog Ponorogo yang total melibatkan sekitar 7.000 personil.

Selain itu panitia juga membuka arena festival di sekitar GBK. Ada 100 kios UMKM yang menjual aneka kuliner, 50 kios yang memberikan minuman dan roti secara cuma-cuma untuk pengunjung.

Ada juga stand yang menjual beragam barang, termasuk merchandise paslon nomor 01, dari mulai pin, topi, kaos dan lain-lain. Ada juga kios yang menyajikan beragam aktivitas yang menghibur pengunjung yang datang.

Karena membeludaknya jumlah massa, panitia mengantisipasi dengan menyiapkan dua panggung besar, dan satu panggung kecil yang dilengkapi oleh layar LED raksasa. Alhasil, Walau tidak bisa masuk ke dalam stadion utama yang menjadi tempat acara utama, pengunjung dapat mengikuti acara melalui layar LED raksasa. Ada tambahan juga empat layar tersebut di beberapa titik.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Erick Thohir menyatakan arena festival dibuat seperti saat Asian Games 2018. "Arena ini kita buat untuk mengantisipasi massa yang pasti tidak bisa masuk ke dalam stadion utama GBK," ujarnya di GBK Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Erick yang sukses menggelar Asian Games 2018, meminta massa untuk tertib dan saling menjaga. "Kunci sebuah acara apapun adalah tertib dan disiplin. Kita berharap semua bisa tertib dan disiplin," ucapnya

Panitia pelaksana juga menyiapkan sebanyak 300 toilet portabel. Selain itu ada arena parkir luas di sekitar GBK, dan kantong-kantong parkir lainnya seperti di kawasan SCBD.



Sumber: Suara Pembaruan