BPN Minta Temuan Surat Suara Tercoblos Diselesaikan Objektif

BPN Minta Temuan Surat Suara Tercoblos Diselesaikan Objektif
Puluhan kantong plastik dengan suarat suara pemilu 2019 yang diduga sudah tercoblos di Selangor, Malaysia. ( Foto: Istimewa )
Yeremia Sukoyo / FER Sabtu, 13 April 2019 | 19:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) pemenangan Prabowo-Sandiaga, Djoko Santoso, menegaskan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kasus temuan pencoblosan surat suara yang terjadi di Malaysia kepada yang berwajib. Saat ini, dirinya pun tidak mau berspekulasi terkait berbagai isu ataupun informasi yang beredar di masyarakat.

"Kita serahkan kepada aparat yang berwajib kita rakyat mau melihat saja bagaimana aparat yang berwajib menyelesaikan masalah itu," kata Djoko Santoso di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Dalam menuntaskan kasus tersebut, BPN sendiri berharap pihak berwajib, termasuk KPU dan Bawaslu dapat melakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Ternasuk, penyelesaian dengan menjunjung tinggi netralitas dan objektif.

"Kita berharap itu (diselesaikan) harus prosedur mekanismenya benar, netral dan objektif. Kita serahkan aja," ucap Djoko Santoso.

Setelah ditemukannya surat suara yang sudah tercoblos, BPN pun menduga kejadian yang sama bisa saja terjadi di daerah-daerah lainnya. Karena itu, BPN berharap penyelenggara Pemilu dapat melakukan pengawasan yang lebih objektif dan bertanggungjawab.



Sumber: Suara Pembaruan