Tingkatkan Penghasilan Petani-Nelayan, Jokowi Kembangkan E-Commerce Produk Pertanian-Perikanan

Tingkatkan Penghasilan Petani-Nelayan, Jokowi Kembangkan E-Commerce Produk Pertanian-Perikanan
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu 13 April 2019. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao )
Asni Ovier / AO Sabtu, 13 April 2019 | 21:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemasaran produk-produk pertanian dan perikanan bisa ditingkatkan lagi. Salah satu cara yang akan ditempuhnya adalah dengan mengembangkan pembelanjaan produk-produk pertania dan perikanan secara daring (online) atau melalui sistem e-commerce.

Jokowi yakin, sistem e-commerce itu akan mendongkrak pendapatan petani dan nelayan di Indonesia. “Anak-anak muda kita sekarang sudah mengembangkan ekosistem online. Ini bisa disambungkan dengan sistem offline untuk produk-produk pertanian dan perikanan,” ujar Jokowi dalam debat kelima atau terakhir Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Jokowi memastikan, dengan pengembangan sistem belanja daring, maka produk-produk pertanian dan perikanan Indonesia akan bisa bersaing. Oleh karena itu, dia berjanji akan menggencarkan sistem e-commerce itu bila kembali terpilih.

Jokowi juga menjanjikan akan meningkatkan kemampuan industri hilirisasi produk pertanian dan perikanan, dan mengurangi ekspor bahan mentah. Hal itu dimaksudkan agar ekspor Indonesia di bidang pertanian dan perikanan dapat berdaya saing di pasar ekspor global.

"Kita harus berani dan terus kembangkan hilirisasi, kembangkan produk olahan. Minimal barang setengah jadi untuk ekspor, sisanya adalah barang jadi dan olahan," ujar dia.



Sumber: BeritaSatu.com