Malam ini Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga Bertarung di Debat Pamungkas

Malam ini Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga Bertarung di Debat Pamungkas
Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor urut 01 Joko Widodo (tengah) Ma'ruf Amin (kiri) didampingi Ketua dewan pengarah tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Jusuf Kalla (kanan) berorasi dihadapan para pendukung saat mengikuti Konser Putih Bersatu dalam rangka Kampanye Akbar Pasangan Capres no urut 01 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu, 13 April 2019. ( Foto: Antara / Nova Wahyudi )
Yustinus Paat / WM Sabtu, 13 April 2019 | 15:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pasangan Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Paslon Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kembali kembali bertemu dalam debat kelima Pemilu 2019 pada Sabtu (13/4/2019) malam.
Debat ini merupakan debat terakhir dari rangkaian debat Pilpres 2019.

Debat terakhir ini digelar di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat. Debat ini disiarkan secara langsung oleh Net TV, ANTV, TV One dan Berita Satu TV mulai pukul 20.00 WIB serta dipandu oleh dua moderator, Balques Manisang dan Tomy Ristanto.

Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno, akan beradu visi, misi, dan program dalam bidang ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan-investasi dan perdagangan-industri.

Debat terakhir ini tetap enam segmen dalam durasi waktu 120 menit. Pada segmen pertama, kedua paslon akan memaparkan visi dan misi bidang ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan-investasi dan perdagangan-industri.

Kemudian di segmen kedua dan ketiga, kedua paslon akan menjawab pertanyaan yang telah disusun oleh panelis. Pada segmen keempat dan kelima Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga Uno akan diberi kesempatan untuk saling melontarkan pertanyaan dan beradu argumen bebas.

Kemudian di segmen keenam, empat orang calon pemimpin ini diberi waktu untuk menyampaikan pernyataan penutup.

Karena ini debat terakhir dan juga bertepatan dengan berakhirnya masa kampanye, KPU telah menyiapkan format agar debat diakhiri dengan doa bersama lintas agama. Doa bersama dilakukan untuk menyampaikan seruan pemilu yang aman dan damai. Doa bersama pun dimaksudkan untuk mengingatkan masyarakat bahwa masa kampanye Pemilu 2019 sudah selesai dan akan memasuki masa tenang pada 14,15, dan 16 April.

KPU mengundang sebanyak 500 orang tamu untuk hadir langsung di arena debat nanti malam. Alokasi tamu undangan terdiri dari 200 tamu undangan KPU dan masing-masing sebanyak 150 orang tamu undangan dari dua tim sukses paslon capres-cawapres.

Dalam debat terakhir ini, ada 10 orang panelis yang bertugas menyusun pertanyaan. Mereka adalahRektor Universitas Airlangga Prof Muhammad Nasih, Guru Besar FEB Universitas Tanjungpura Prof Eddy Suratman, Dosen FEB UIN Syarif Hidayatullah Dr Muhammad Arief Mufraini, Dekan FEB Universitas Diponegoro, Dr Suhartono, Dekan FEB Universitas Sam Ratulangi Dr Herman Karamoy, Dekan FEB Universitas Udayana, Dr  I Nyoman Mahaendra Yasa, SE , MSi, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Dr Harif Amali Riva'i, Guru Besar ITB Prof Dr Ir Dermawan Wibisono, Dosen community development Unika Soegijapranata Semarang, Tukiman Taruno Sayoga PhD dan Direktur eksekutif Indonesia Global Justice (IGJ) Rahmi Hertan



Sumber: BeritaSatu.com