Pemungutan Suara di TPS Malaysia Tetap Dilakukan Hari Ini

Pemungutan Suara di TPS Malaysia Tetap Dilakukan Hari Ini
Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan ( Foto: Beritasatu TV )
Yustinus Paat / AB Minggu, 14 April 2019 | 16:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan mengatakan pihaknya tetap menyelenggarakan pemungutan suara Pemilu 2019 di Malaysia pada hari ini, Minggu (14/4/2019). Pemungutan suara yang dimaksud adalah pemungutan suara dengan metode TPS luar negeri (TPSLN).

"(Pencoblosan di Malaysia) tetap hari ini. Masih tetap hari ini," ujar Wahyu Setiawan di Jakarta, Minggu (14/4/2019)

Metode TPSLN merupakan metode terakhir untuk Pemilu 2019 di Malaysia. Pemilu dengan metode TPSLN digelar di lima negara bagian di Malaysia, yakni Kuala Lumpur, Kinabalu, Kuching, Penang, dan Tawau.

Dua metode pemilihan lain, yakni kotak suara keliling (KSK) dan metode pos sudah selesai digelar sejak akhir Maret lalu.

Meskipun demikian, KPU tetap melakukan penelusuran lebih lanjut terhadap temuan surat suara yang tercoblos di Kajang, Selangor, Malaysia. Menurut Wahyu Setiawan, dugaan sementara surat suara yang tercoblos merupakan surat suara dengan metode pemungutan suara melalui pos.

"Diduga surat suara yang tercoblos itu untuk metode pemilihan via pos. Kami belum bisa memastikannya karena belum melihat secara langsung," kata Wahyu Setiawan.



Sumber: BeritaSatu.com