KPU Tidak Hitung Surat Suara Tercoblos di Malaysia

KPU Tidak Hitung Surat Suara Tercoblos di Malaysia
Sejumlah strategi yang disiapkan di antaranya melakukan pemerataan distribusi masyarakat di setiap tempat pemungutan suara (TPS).
Ahmad Salman / AIS Minggu, 14 April 2019 | 20:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meyakini Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) tak pernah menyewa ruko tempat kejadian surat suara tercoblos.

Meski belum memastikan keaslian surat suara, KPU sudah mengambil sikap tidak menghitung surat suara yang ditemukan tercoblos tersebut. Komisioner Ilham Saputra mengatakan, belum lama ini, PPLN Malaysia memastikan tak pernah menaruh surat suara di ruko tersebut.

Menurut Ilham, PPLN hanya menyimpan surat syara di KBRI dan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Meski polemik surat suara tercoblos belum dapat diselesaikan, hari ini, Ahad (14/4/2019), pemungutan suara di Malaysia tetap berlangsung normal.

Sebelumnya KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengaku tak mendapatkan akses untuk masuk ke dalam TKP. Sebab dilarang polisi Malaysia yang berjaga di tempat itu.

Hingga kini KPU belum mendapatkan akses untuk masuk dan mengecek keaslian surat suara. Untuk itu KPU menghimbau agar masyarakat tak berspekulasi terlebih dahulu.



Sumber: BeritaSatu TV