Wiranto: Pemilih yang Sudah Daftar di TPS Boleh Nyoblos Usai Pukul 13.00

Wiranto: Pemilih yang Sudah Daftar di TPS Boleh Nyoblos Usai Pukul 13.00
Menkopolhukam Wiranto ( Foto: Beritasatu TV )
Zumrotul Muslimin / ZTM Senin, 15 April 2019 | 21:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto menegaskan warga bisa mencoblos di atas pukul 13.00 waktu setempat. Namun syaratnya pemilih sudah mendaftar dan ada di Tempat Pemungutan Suara TPS ‎sebelum pukul 13.00.

Hal ini diungkapkan Wiranto terkait kisruh pencoblosan di luar negeri. Sejumlah WNI yang sudah antrea lama tidak bisa menyalurkan hak pilihnya hanya karena waktu sudah menunjukkan pukul 13.00 waktu setempat. Padahal negara berusaha menekan angka golput.

"Bukan itu yang sebenarnya harusnya terjadi. Dari pembahasan tadi maka tidak mungkin para pemilih yang sudah datang, sudah hadir, sudah mendaftar, sudah antre, hanya karena waktu yang terbatas pukul 13 kemudian setop," kata Wiranto pada Senin (15/4/2019).

Wiranto meminta agar masyarakat tak dibatasi hak pilihnya sampai lewat pukul 13.00 waktu setempat. Hal ini dilakukan dalam rangka memaksimalkan suara yang masuk ke TPS dan tentunya antisipasi meningkatnya kesadaran hak pilih masyarakat.

Sebelumnya Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengatakan pemilih masih bisa melakukan pencoblosan usai pukul 13.00. Dengan syarat, pemilih sudah menulis daftar hadir atau formulir C7 di TPS sebelum Pukul 13.00.

Lihat video:



Sumber: BeritaSatu TV