55 Pasien ODGJ Mencoblos di Bogor

55 Pasien ODGJ Mencoblos di Bogor
Ilustrasi pemungutan suara Pemilu 2019. ( Foto: Antara )
Vento Saudale / JAS Selasa, 16 April 2019 | 13:33 WIB

Bogor, Beritasatu.com – Sebanyak 55 pasien orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) Rumah Sakit Marzuki Mahdi tercatat bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 17 April besok. Melalui pengawasan, para pasien bisa mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS) atau didatangi di ruang rawat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Samsudin menuturkan, sebanyak 55 pasien ODGJ RSMM yang masuk ke dalam daftar pemilih tetap tambahan (DPTb).

“Hal itu (bisa mencoblos) sudah melalui verifikasi data dan rekomendasi dokter. Tercatat ada 55 pasien ODGJ,” kata Samsudi mengkonfirmasi, Selasa (16/4/2019). Selain pasien, 24 pegawai RSMM juga ikut menggunakan hak pilih.

Terkait teknis pelaksananya, pasien akan didatangi petugas TPS di Kelurahan Menteng, atau sekitar lokasi RSMM. Samsudin pun menyebut, pada esok hari tergantung keinginan pasien didampingi ke TPS atau mencoblos di ruang rawat.

“Ini tergantung situasi si pasien. Bila mereka direkomendasi dan boleh ke TPS, mereka datang ditemani perawat. Bila tidak memungkinkan, petugas KPPS didampingi saksi akan mendatangi mereka,” paparnya.

Selain itu, petugas KPU juga akan melakukan jemput bola ke beberapa rumah sakit di Kota Bogor. Samsudin menuturkan, jumlahnya masih dinamis, tergantung besok. Berdasarkan permintaan form A5 (luar domisili) daftar pemilih tambahan (DPTb) di Kota Bogor, tercatat 4.583 pemilih.



Sumber: BeritaSatu.com