Pemilu 2019 Bukan Era Orba, Hasto: Jangan Golput

Pemilu 2019 Bukan Era Orba, Hasto: Jangan Golput
Ilustrasi Pemilu 2019. ( Foto: Antara )
Markus Junianto Sihaloho / YUD Selasa, 16 April 2019 | 16:36 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto, mengingatkan masyarakat agar tak golput, atau golongan putih. Tak ada alasan kuat bagi mereka untuk tak memilih. Karena demokrasi di Indonesia saat ini, pemilu saat ini, sudah sangat berkembang dan menjunjung transparansi.

"Berbeda dengan masa Orde Baru ketika seluruh hasil-hasil Pemilu sudah dilakukan rekayasa politik, sehingga seluruh hasilnya sudah bisa diperkirakan," ujar Hasto Kristiyanto, Selasa (16/4/2019).

Sekjen PDI Perjuangan itu mengatakan pemilu di era Orde Baru yang selalu 'memenangkan' Soeharto takkan terjadi di era saat ini. Sebab sistem demokrasi di Indonesia sudah matang. Transparansi juga sudah merasuk ke dalam sistem yang dibangun.

Yang jelas, berbeda dengan Orde Baru dimana semua aparat dan berbagai pihak dipaksa untuk berloyalitas tunggal kepada keluarga penguasa, di saat ini hal itu tak terjadi.

"Maka itu, adalah tanggung jawab kita sebagai warga negara yang menentukan arah masa depan bangsa," ujar Hasto.

Pada kesempatan itu, Hasto mengatakan seluruh kader PDI Perjuangan harus memberikan edukasi pada seluruh relawan dan masyarakat tentang pemilu. Bahwa pemilihan lima tahun sekali ini sangat penting untuk menentukan nasib bangsa.

"Hak untuk memilih harus digunakan sebagai kewjiban warga negara," tegas Hasto



Sumber: BeritaSatu.com