KPK Imbau Masyarakat Cek Rekam Jejak Caleg Sebelum Dipilih

KPK Imbau Masyarakat Cek Rekam Jejak Caleg Sebelum Dipilih
Agus Rahardjo. ( Foto: Antara )
Yeremia Sukoyo / CAH Selasa, 16 April 2019 | 17:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengingatkan agar masyarakat dapat melihat rekam jejak Calon Anggota Legislatif (Caleg) sebelum mencoblos pada Pemilu serentak 17 April 2019 besok.

Menurut Agus, kesadaran masyarakat untuk melihat rekam jejak Caleg sangat menentukan keberhasilan arah pembangunan nasional. Mengingat, selama ini masih ada saja anggota legislatif yang tertangkap tangan dan berurusan dengan KPK.

"Diteliti rekam jejak calon yang akan dipilih. Bagaimana mencari rekam jejak, banyak saluran yang menyediakan itu," kata Agus Rahardjo, dalam diskusi "Pilih yang Bersih, Cek Rekam Jejak" di Kantor MMD Initiative Jakarta, Selasa (16/4/3019).

Menurutnya, saat ini memang perlu ada perbaikan di dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Diantaranya seperti sektor pemerintahan, tata kelola SDA, sektor swasta, hingga sektor politik.

"Di sektor politik juga perlu ada upaya perbaikan. Caranya, masyarakat bisa berpartisipasi langsung dengan memilih Caleg yang sudah ditelusuri rekam jejaknya," ucap Agus Rahardjo.

Dikatakan Agus, melihat rekam jejak Caleg bisa dipertimbangkan dari segi kejujuran, kecerdasan, mau bekerja dan bisa dipercaya. Harapannya, muncul anggota legislatif yang benar-benar mau menjauhi segala macam perilaku korup.

"Ini yang menjadi tantangan kita karena tidak semua masyarakat dapat memiliki akses informasi seperti yang ada di kota besar. Harapan kita pemilu besok mudahan bisa memilih pemimpin yang bisa mengantar kepada kesejahteraan," tambah Agus Rahardjo.



Sumber: Suara Pembaruan