Mahfud MD: Perhatikan Rekam Jejak Caleg, Pejabat dengan Penjahat Beda Tipis

Mahfud MD: Perhatikan Rekam Jejak Caleg, Pejabat dengan Penjahat Beda Tipis
Mahfud MD ( Foto: Beritasatu TV )
Yeremia Sukoyo / CAH Selasa, 16 April 2019 | 18:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, mengingatkan, penting bagi masyarakat untuk mencari tahu latar belakang atau rekam jejak Calon Anggota Legislatif (Caleg) sebelum dipilih dalam Pemilu serentak 17 April 2019 besok.

Menurut Mahfud, masyarakat jangan sampai terjebak dalam politik transaksional sesaat dalam memilih caleg karena akan sangat menentukan perjalanan bangsa Indonesia lima tahun ke depan.

"Itulah pentingnya pentingnya kita melihat rekam jejak. DPR berhubungan dengan Legislasi dan itu sangat menentukan negara mau dibawa kemana," kata Mahfud MD dalam diskusi "Pilih yang Bersih, Cek Rekam Jejak" di Kantor MMD Initiative, Jakarta Selasa (16/4/2019).

Saat ini sudah ada banyak cara untuk mengecek rekam jejak seluruh caleg yang ikut berlaga di Pemilu 2019. Sebagian besar diantaranya dapat dengan mudah ditelusuri melalui media elektronik dan aplikasi, seperti yang sempat diluncurkan MMD Initiative yang bekerjasama dengan Indonesia Corruption Watch (ICW), yakni rekamjejak.net.

"Banyak anggota DPR yang menjual UU. Yang ketangkap-tangkap itu menjadi bukti bahwa masyarakat harus melihat rekam jejak. Rekam jejak tidak harus formal di riwayat hidup," ungkap Mahfud MD.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga menceritakan bahwa sama sekali tidak pernah percaya pada visi, misi maupun program para caleg. Begitu pula visi misi para capres yang ikut berlaga di Pemilu.

"Saya sejak dulu tidak pernah percaya visi dan misi kandidat capres. Kadang yang membuat itu juga tidak mengerti, mengerti pun tidak dilaksanakan. Saya tidak pernah percaya dengan itu. Begitu pula visi misi caleg, banyak yang bohong. Beda tipis antara pejabat dengan penjahat," Kata Mahfud MD. 



Sumber: Suara Pembaruan