KPU Imbau Pemilih Datang Coblos Lebih Awal

KPU Imbau Pemilih Datang Coblos Lebih Awal
Suasana Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jakarta Utara yang dihiasi dengan berbagai produk daur ulang sampah. ( Foto: dok )
Yustinus Paat / WM Selasa, 16 April 2019 | 21:34 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, menjelaskan susunan acara pencoblosan Pemilu 2019 pada Rabu (17/4) besok. Wahyu mengatakan bahwa Tempat pemungutan suara (TPS) akan buka sejak pukul 07.00 waktu setempat.

"Pertama, TPS akan buka pukul 07.00 hingga pukul 13.00 waktu setempat," ujar Wahyu di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).

Para pemilih, kata Wahyu, bisa menggunakan hak pilih dengan memanfaatkan waktu selama sekitar enam jam. Namun, jika antreannya panjang, maka pemungutan suara bisa dilanjutkan setelah pukul 13.00 WIB.

"Jadi jam 13.00 TPS tetap dapat melayani sepanjang pemilih itu sudah datang dan mendaftar. Itu tetap bisa dilayani dan akan masuk antrean untuk mencoblos. Intinya sudah terdaftar dan merupakan pemilih DPT, DPTb, dan DPK," jelas Wahyu.

Karena itu, KPU mengimbau semua pemilih dapat mengatur waktu sehingga bisa menggunakan hak pilih dengan lancar. Pemilih disarankan datang pagi atau datang tidak mendekati waktu penutupan TPS.

"Jangan datang mepet, sehingga pelayanan kita juga bisa optimal dilakukan. Kemudian, pemilih harus sabar mengantre. Sebab Dalam pelayanan kan KPU terikat dengan aturan, sehingga kalau mau aman untuk menggunakan hak pilihnya sebaiknya datang lebih awal," kata Wahyu.



Sumber: BeritaSatu.com