Aliansi Relawan Ajak Masyarakat Tak Golput

Aliansi Relawan Ajak Masyarakat Tak Golput
Petugas KPPS membantu warga memasukan contoh surat suara ke dalam kotak suara usai dicoblos saat simulasi Pemilu serentak 2019 di Jakarta, Rabu 10 April 2019. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao )
Yeremia Sukoyo / WM Selasa, 16 April 2019 | 21:43 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Seluruh masyarakat Indonesia yang sudah memiliki hak pilih diharapkan dapat berpartisipasi dalam Pemilu serentak yang akan digelar Rabu (17/4/2019) besok. Setiap satu suara yang diberikan akan sangat menentukan arah masa depan Bangsa Indonesia.

"Pemilihan presiden sudah di depan mata rakyat Indonesia. Dan, hanya dilaksanakan lima tahun sekali. Oleh karena itu, kita sebagai rakyat sebaiknya turut serta berpatisipasi secara langsung dalam pesta demokrasi yang hanya digelar satu kali dalam kurun waktu lima tahun," kata Penanggung Jawab Nasional Aliansi Relawan Jokowi (ARJ), Haidar Alwi, Selasa (16/4/2019) di Jakarta.

Dirinya mengingatkan, masa depan bangsa Indonesia sangat ditentukan oleh setiap suara yang diberikan oleh masyarakat yang sudah memiliki hak pilih. Karena itu, alangkah baiknya jika jangan sampai ada terbersit sedikitpun pikiran emosional yang memutuskan untuk tidak datang ke TPS.

"Setiap suara pemilih sangatlah berarti. Karena, secara tidak langsung suara para pemilihlah yang akan menentukan masa depan Indonesia. Oleh karena itu, jangan kita berasumsi secara emosional dengan mengatakan tidak menggunakan hak pilih adalah hak kita," ujarnya.

Menurutnya, saat ini memang ada kelompok masyarakat yang lebih senang berbicara hak ketimbang kewajiban. Dalam Pemilu 2019, dirinya mengajak agar pemikiran tersebut dapat diubah, yakni mengedepankan kewajiban dahulu baru memikirkan haknya.

"Dalam pemilihan presiden besok sebaiknya kita ubah cara berpikir kita. Mari kita ubah hak menjadi sebuah kewajiban. Dimana, hak pilih kita ubah menjadi sebuah kewajiban untuk sama-sama menentukan masa depan Indonesia. Dengan cara, datang ke TPS untuk memilih presiden yang akan mempimpin Indonesia lima tahun mendatang dan wakil rakyat, demi Indonesia, demi merah putih dan demi keutuhan NKRI, jangan golput," ucapnya.

 



Sumber: Suara Pembaruan