Pemilih Disarankan Cari Informasi soal Caleg Sebelum ke Bilik

Pemilih Disarankan Cari Informasi soal Caleg Sebelum ke Bilik
Ilustrasi Pemilu 2019 ( Foto: Beritasatu.com / Markus Junianto Sihaloho )
Markus Junianto Sihaloho / FMB Rabu, 17 April 2019 | 09:46 WIB

Depok, Beritasatu.com - Proses pemilihan umum di TPS 072 yang melibatkan warga di Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, berlangsung lancar.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, sejak pukul 07.00 WIB, warga mulai berdatangan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sebuah tenda didirikan di lapangan kosong di Perumahan Kavling Pelita Air Servis. Para petugas kompak memakai kaus putih dengan jaket rompi abu, dipadu bawahan berwarna hitam. Setiap warga yang datang disambut senyuman dan dipersilahkan untuk menyerahkan undangan.

"Kami berharap seluruh warga bisa berpartisipasi," kata Djatmiko, Ketua RT setempat.

Fransisca Wida, seorang ibu yang menjadi pemilih di TPS itu, mengaku datang dari Jawa Tengah untuk memilih. Dirinya masih ber-KTP Depok, walaupun kini domisilinya adalah di Jawa Tengah.

Wida, sapaan akrabnya, setelah memberikan hak pilihnya, mengaku pemilu kali ini berbeda karena banyaknya dokumen yang harus dicoblos. Dirinya mengaku sempat agak kesulitan karena tak semua gambar calon dipampang di papan pengumuman TPS. Yang ada hanya poster berisi daftar calon anggota DPRD tingkat propinsi dan kabupaten/kota.

"Kalau capres-cawapres kan saya sudah hapal tetapi untuk calon anggota DPR dan DPD RI kebetulan tak ada," katanya.

Petugas TPS mengaku mereka hanya menerima poster untuk calon anggota DPRD. Jadi, poster capres-cawapres, caleg DPR, dan DPD RI tidak ada.

Walau demikian, Wida mengaku tak kehabisan akal. Dirinya membuka smartphone dan berselancar di Google untuk menemukan calon anggota DPR dan DPD RI untuk daerah pemilihannya.

"Saya sarankan memang pemilih bersiap dulu sebelum mencoblos ke TPS. Cari-cari informasi soal calonnya, sehingga tak perlu waktu lama ketika di bilik pencoblosan," kata Wida.



Sumber: BeritaSatu.com