4 Hal yang Harus Diketahui Saat Memilih Pakai E-KTP

4 Hal yang Harus Diketahui Saat Memilih Pakai E-KTP
Suasana pemilihan umum di TPS 107 RT.03 RW.012 Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis, 17 April 2019 ( Foto: Suara Pembaruan / Jeany A Aipassa )
Jeany Aipassa / JEM Rabu, 17 April 2019 | 11:52 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemilih yang tidak masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan hendak menyalurkan suara dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) atau masul ke Daftar Pemilih Khusus (DPK), sebaiknya melakukan beberapa hal ini agar lancar mencoblos.

Berikut empat hal yang harus diketahui dan dipersiapkan pemilih dengan menggunakan KTP elektronik (e-KTP):

1. Buat Salinan e-KTP

Jangan langsung datang ke TPS tanpa membuat kopian atau salinan e-KTP Anda. Pasalnya, beberapa petugas di TPS biasanya meminta kopian e-KTP Anda yang akan digunakan sebagai pengganti formulir C6 untuk memudahkan proses penghitungan suara.

2. Jangan Datang Mepet Waktu

Pemilih yang menggunakan e-KTP masuk dalam DPK dan diizinkan memberikan suara pada 1 jam terakhir, yakni pukul 12.00 sd 13.00 waktu setempat di TPS yang sesuai dengan alamat yang tertera pada e-KTP.

Tapi jangan datang ke TPS mepet waktu pencoblosan agar Anda dapat menyiapkan beberapa kelengkapan yang mungkin diminta petugas di TPS, seperti kopian e-KTP.

3. Lapor ke KPPS

Saat tiba di TPS, langsung melapor ke petugas KPPS bahwa Anda mau mencoblos menggunakan e-KTP agar dimasukan di DPK dan bisa di cek apakah surat suara tersedia.

4. Tetap Berada di Antrean

Tetaplah berada di antrean untuk menunggu kesempatan memilih sesuai DPK di TPS sesuai alamat e-KTP Anda, mulai pukul 12.00 sampai dengan 13.00 waktu setempat, karena keberadaan Anda akan terus di cek oleh KPPS.



Sumber: Suara Pembaruan