Habis Coblos, Pemilih Berburu Diskon Pemilu

Habis Coblos, Pemilih Berburu Diskon Pemilu
Sejumlah pemilih yang telah memberikan hak suara mengantri di tenan Dum-Dum (minuman Thai Tea), di mall Kalibata City Square, Kamis (17/4), yang menawarkan diskon pemilu sebesar 60% melalui aplikasi pembayaran OVO. ( Foto: Dok SP / Jeany Aipassa )
Jeany Aipassa / JAI Rabu, 17 April 2019 | 15:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Salah satu keunikan penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) di Indonesia adalah tawaran diskon pemilu yang secara tidak langsung memicu pemilih untuk tidak menjadi golongan putih (golput). Hal ini, jarang ditemui di negara demokrasi lainnya di dunia.

Seiring dengan pelaksanaan pemilu serentak tahun ini, banyak promosi diskon pemilu yang ditawarkan kepada para pemilih yang menyalurkan hak suaranya. Berbagai mall dan tempat perbelanjaan, termasuk aplikasi belanja online (dalam jaringan/daring) dan aplikasi pembayaran elektronik, memberikan promosi diskon khusus bagi para pemilih.

Hanya dengan menunjukkan jari bertanda tinta biru sebagai bukti telah mencoblos, para pemilih dapat menikmati promosi diskon pemilu, mulai dari belanja pakaian, makanan, hingga perawatan di salon. Besaran diskonnya pun beragam antara 20% sampai dengan 60%.

Beberapa pemilih yang ditemui Beritasatu.com di mall Kalibata City Square, Jakarta Selatan, mengaku antusias memilih karena tawaran diskon khsusus dari sekitar 250 merek dagang. Sebagian besar dari mereka adalah para milenial yang baru pertama kali menyalurkan hak pilihnya di pemilu 2019.

Cateline (17), siswi kelas 3 di salah satu SMU swasta di kawasan Jakarta Timur, mengaku berkunjung ke Kalibata City Square bersama mama dan papanya, setelah mereka selesai mencoblos di salah satu TPS, di Jalan Nasional, Cawang, Jakarta Timur.

Selain menikmati hari libur, Cateline mengatakan dia ingin berburu beberapa mereka makanan dan minuman kesukaannya yang memang menawarkan diskon khusus bagi para pemilih di mall tersebut.

“Mama sudah janji kalau habis coblos kita jalan ke mall buat cari diskon khusus Pemilu. Makanya tadi begitu selesai coblos, saya langsung bilang ke mama untuk jalan-jalan ke mall,” kata Cateline.

Dia mengaku mengunjungi Kalibata City Square karena tak jauh dari kawasan rumahnya di Cawang, Jakarta Timur. Selain itu, ada beberapa tenan makanan dan minuan favorit-nya yang menawarkan diskon khusus hingga 60% di mall ini.

Aplikasi OVO
Senada dengan Cateline, Ryan (20), yang juga baru pertama kali mencoblos mengatakan bahwa dia sangat antusias memanfaatkann tanda tinta biru di jarinya untuk menikmati diskon pemilu. Apalagi dengan menggunakan aplikasi pembayaran OVO, Ryan dapat menikmati tawaran diskon pemilu hingga 60%.

“Saya sudah tahu informasi kalau OVO menawarkan diskon khusus hingga 60% bagi pemilih. Makanya saya dan teman-teman main ke sini (Kalibata City Square, Red) karena kami bisa makan dan minum sepuasnya dengan promo diskon Pemilu dari OVO,” ujar Ryan yang menjadi mahasiswa di Universitas Kristen Indonesia.

Dari pantauan Beritasatu.com, beberapa merek yang menawarkan diskon 60% bagi pemilih dengan menggunakan aplikasi pembayaran OVO antara lain, Shihlin (ayam goreng khas Taiwan), Dum-Dum (minuman Thai Tea), dan Family Mart.

Tawaran diskon 60% dengan menggunakan OVO tersebut dimanfaatkan pengunjung yang telah selesai mencoblos, sehingga terjadi antrian cukup panjang di beberapa tenan di Kalibata City Aquare, antara lain di Dum-Dum.

Selain OVO, aplikasi pembayaran Go-Pay juga menawarkan diskon sebesar 50%. Namun diskon tersebut tidak berlaku serta merta karena harus melakukan scan (pemindai) untuk kode tertentu agar memperoleh voucher khusus yang berlaku mulai pukul 14.00 hingga pukul 17.00 WIB untuk berbelanja di tenan-tenan Festival Go-Food yang ada di Kalibata City Square.



Sumber: Suara Pembaruan