Hasil Hitung Cepat SMRC Sudah Pasti Dimenangkan Jokowi - Ma'ruf

Hasil Hitung Cepat SMRC Sudah Pasti Dimenangkan Jokowi - Ma'ruf
Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. ( Foto: Antara )
Herman / MPA Rabu, 17 April 2019 | 18:37 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Pasangan capres nomor urut 02, Joko Widodo - Ma'ruf Amin dipastikan keluar sebagai pemenang Pemilu Presiden 2019 dalam quick count atau hitung cepat yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Direktrur Program SMRC, Sirojudin Abbas menyampaikan, meskipun data yang masuk hingga pukul 18.18 Wib baru mencapai sekitar 86%, hasil akhir quick count sudah bisa diketahui, apalagi sejak hasil quick count diumumkan pertama kali pada pukul 15.00 WIB, tidak ada perubahan yang mencolok dari hasil tersebut.

Untuk pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin memperoleh 54,91% suara, sementara Prabowo - Sandiaga Uno meraih 45,09% suara.

"Dari hasil quick count, untuk Pilpres pemenangnya sudah pasti Jokowi - KH. Ma'ruf. Untuk sebaran wilayahnya, kita lihat di bagian barat atau Sumatera dimenangkan Prabowo, kecuali di Lampung dan Bengkulu. Sementara di Pulau Jawa, untuk wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur dan DKI Jakarta dimenangkan Jokowi. Kemudian di Jawa Barat dan Banten dimenangkan Prabowo, tetapi keunggulannya tipis sekali," kata Sirojudin Abbas, di Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Bila mengacu pada hasil quick count Pilpres 2014 yang dilakukan SMRC, Sirojudin mengatakan perbedaan hasil quick count SMRC dengan yang dirilis resmi oleh KPU hanya di bawah 0,2%. Untuk quick count Pilpres kali ini dilakukan di 5.913 Tempat Pemungutan Suara (TPS).



Sumber: BeritaSatu.com