Umumkan Klaim Kemenangan, Prabowo Tak Didampingi Sandiaga

Umumkan Klaim Kemenangan, Prabowo Tak Didampingi Sandiaga
Calon Presiden no urut 02, Prabowo Subianto memberikan jumpa pers seputar hasil penghitungan sementara pemungutan suara Pemilu 2019 di Sekretariat Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, Jakarta, Rabu (17/4/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Fana Suparman / WBP Rabu, 17 April 2019 | 18:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengklaim memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 berdasarkan exit poll dan quick count yang dilakukan internal tim Prabowo-Sandi. Klaim kemenangan ini disampaikan Prabowo dalam konferensi pers di kediamannya, Jalan Kertanegara 4, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

"Hasil exit poll kita di 5.000 TPS (tempat pemungutan suara) menunjukkan kita menang 55,4 persen dan hasil quick count kita menang 52,2 persen," kata Prabowo Subianto.

Namun dalam konferensi pers ini, Prabowo Subianto terlihat tak didampingi pasangannya, Sandiaga Uno. Di atas panggung, Prabowo Subianto hanya nampak didampingi oleh sejumlah tokoh, seperti Rachmawati Soekarno Putri, Rizal Ramli, Dahnil Anzar Simanjuntak dan beberapa tokoh lainnya.

Hasil yang diumumkan Prabowo Subianto dan tim berbeda dengan hasil hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei. Sebagian besar quick count lembaga survei menempatkan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin mengungguli perolehan suara dari Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Prabowo meminta seluruh tim sukses, relawan dan pendukungnya untuk tidak terpancing emosinya dan bertindak anarkis menanggapi hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei. Ketimbang bertindak anarkis dan melanggar hukum, Prabowo meminta para pendukungnya untuk fokus mengawal kotak suara yang ada di seluruh TPS. Hal itu untuk melawan terjadinya kecurangan.
"Tetap fokus kawal kotak suara karena kotak itu kunci kemenangan agar kebohongan-kebohongan yang sudah dilakukan bisa dilawan," kata Prabowo Subianto.



Sumber: Suara Pembaruan