Ketum PSI Tegaskan Data Quick Count Umumnya Stabil

Ketum PSI Tegaskan Data Quick Count Umumnya Stabil
Ketua Umum PSI Grace Natalie. ( Foto: istimewa )
Hendro D Situmorang / WBP Rabu, 17 April 2019 | 18:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie menyatakan hasil hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei atas Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 umumnya bersifat stabil dan tidak jauh berbeda dengan hasil yang dihitung (real count) Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Diakui Grace Natalie, dari indikasi exit poll dan quick count yang dipantau, hasil sementara mengunggulkan pasangan calon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. "Sejumlah indikator tersebutkan terdaftar di KPU dan memiliki rekam jejak pemilu sebelumnya. Hasil hampir sama posisi Jokowi berada di 54-55 persen dan paslon 02 ada di 44-45 persen. Saya yakini perubahan angka ini tetap atau tidak jauh meski belum 100 persen masuk penghitungan," ucap Grace Natalie ketika ditanya Beritasatu.com di Djakarta Theater Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Grace Natalie menilai arahan Jokowi yang meminta pendukungnya bersabar menunggu hasil penghitungan resmi KPU sudah tepat. Namun menurut Grace Natalie, dalam ilmu statistik, hasil quick count lebih baik dari hasil sample biasa. Datanya lebih stabil. "Nantinya hasil akhir tak akan berbeda jauh dari hasil riil data KPU. Quick count itu menjadi rekam jejak yang dipercaya dan umumnya eror hanya di kisaran 1 persen," ungkap Grace Natalie.

Grace Natalie mengatakan, Pemilu 2019 merupakan catatan tersendiri karena menjadi yang pertama dalam memilih presiden, legislatif dan DPD secara bersamaan. Diakui masih banyak masyarakat yang belum terlalu paham mengingat sosialisasi yang terbilang mepet, sehingga banyak yang baru mencari nama caleg seminggu terakhir.



Sumber: Suara Pembaruan