Dunia Puji Pelaksanaan Pemilu di Indonesia

Dunia Puji Pelaksanaan Pemilu di Indonesia
Warga di TPS 30, Desa Curug Sangereng, Tangerang antusias gunakan hak pilih untuk Pemilu 2019, Tangerang, Rabu 17 April 2019. TPS 30 ini ada di dalam hunian cluster karena warga sadar akan pentingnya struktur pemerintahan terendah yakni RT dan RW. ( Foto: BeritaSatu Photo / Emral Firdiansyah )
Hendro D Situmorang / WBP Jumat, 19 April 2019 | 07:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sejumlah negara di dunia memuji pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) yang berlangsung sukses di Indonesia. Hanya dalam waktu satu hari, yakni Rabu (17/4/2019), jutaan warga Indonesia secara serentak melakukan pencoblosan.

Head of Media and Communication, Kedutaan Besar Inggris, John Nickell dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Kamis (18/4/2019) mengaku dirinya turut menyaksikan langsung di tempat pemungutan suara (TPS) Kebon Kacang, Jakarta Pusat.

"Indonesia negara dengan penduduk besar. Jadi negara dengan penyelenggara pemilu terbesar dalam satu hari, luar biasa, banyak masyarakat yang menyoblos dengan jangka waktu enam jam. Ini kesempatan yang luar biasa bagi kami untuk datang melihat proses ini, sangat teratur pelaksanaanya," ungkap John Nickell.

Sementara Duta Besar Inggris Untuk Indonesia, Moazzam Malik, melalui akun twitter pribadinya menyatakan, dirinya berkeliling di TPS-TPS dekat rumahnya yang berlangsung ramai, aman, dan lancar. "Pasti Indonesia dapat memilih dengan bijaksana dan damai untuk masa depan," tulisnya.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-Beom, dalam acara Quick Count Pemilu 2019 di salah satu stasiun televisi swasta pada Rabu (17/4) menyatakan sebagai perbandingan dengan Pemilu 2014, proses kampanye kali ini berlangsung stabil dan tenang, dan relatif damai. "Saya rasa ini gambaran dari kematangan demokrasi di Indonesia,” jelas Kim Chang-Beom.

Pujian juga datang dari Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun, yang menyatakan, rakyat Indonesia telah memilih tanpa ada tekanan. Al Shun meyakini, hasil akhir nanti merupakan yang terbaik bagi Indonesia. Selain itu, juga tak akan mengubah relasi dengan negaranya yang selama ini telah terjalin dengan baik.

Menteri Luar Negeri Denmark, Anders Samuelsen melalui akun twitter resminya mengucapkan selamat untuk negara demokrasi terbesar ketiga dunia, yang telah sukses melaksanakan pemilu, dengan 190 juta pemilih dan 245.000 kandidat calon anggota legislatif.

Sementara Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Rasmus Kristensen, melalui akun Instagram pribadinya mengucapkan selamat kepada Indonesia untuk menyelenggarakan pemilihan umum yang damai dan sukses. "Terima kasih kepada KPU karena mengundang saya untuk menyaksikan acara bersejarah ini," kata Rasmus Kristensen.

Menteri Luar Negeri Thailand, Don Pramudwinai, mengucapkan selamat bagi Indonesia telah menyelenggarakan Pemilu pada 17 April 2019.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan melalui telepon langsung mengucapkan kepada Presiden Joko Widodo. "Tadi, Presiden Turki Erdogan sudah menelepon, mengucapkan selamat,” ucap Jokowi di sela-sela jumpa pers di Jakarta, Kamis (18/4/2019) sore.



Sumber: Suara Pembaruan