Deklarasi Kemenangan Jokowi-Ma'ruf, TKN: Terima Kasih Rakyat

Deklarasi Kemenangan Jokowi-Ma'ruf, TKN: Terima Kasih Rakyat
Deklarasi kemenangan Jokowi-Ma'ruf yang dilakukan Tim Kampanye Nasional, Jumat 19 April 2019 malam. ( Foto: dok )
Markus Junianto Sihaloho / YUD Sabtu, 20 April 2019 | 07:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendeklarasikan kemenangan pasangan nomor urut 01 itu dalam Pilpres 2019. Ucapan terima kasih kepada rakyat pun menjadi pernyataan utama dari TKN.

"TKN berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberi kepercayaan kepada paslon 01, Jokowi - Kiai Ma'ruf sehingga menjadi pemenang Pilpres 2019," kata Wakil Ketua TKN, Moeldoko, dalam jumpa pers di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2019) malam.

Jumpa pers itu dihadiri langsung Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir, Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto, para sekjen partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

Dasar pernyataan itu adalah hasil hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei independen yang sudah diumumkan ke publik.

Moeldoko mengatakan pihaknya berterima kasih kepada penyelenggara QC yang sangat kredibel. Sehingga hasil dapat diketahui lebih cepat, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan ke publik.

Walau demikian, TKN sangat menghormati dan terus mengikuti hasil akhir penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum. TKN mengajak seluruh rakyat Indonesi bersabar menunggu hasil resmi KPU sebagai penentu akhir kemenangan.

Moeldoko menyatakan TKN memberi apresiasi masyarakat atas partisipasi yang sangat tinggi di dalam Pemilu 2019 ini. Dia menegaskan bahwa angka partisipasi pemilih kurang lebih 81 persen. "Ini sungguh luar biasa," tegasnya.

TKN juga berterima kasih kepada KPU dan Bawaslu yang telah menyelenggarakan dan mengawasi pelaksanaan Pemilu 2019 dengan baik. "Walaupun ada bebagai kendala di lapangan tetapi semua bisa teratasi dengan baik," katanya.

TKN juga memberikan penghargaan kepada aparat TNI dan Polri yang telah mengamankan pemliu, sehingga lancar aman dan damai.

Dalam tanya jawab, Moeldoko mengatakan salah satu dasar menyatakan kemenangan ini adalah hasil QC 12 lembaga yang sangat kredibel.

"Jadi dasarnya, apa yang kami nyatakan adalah hasil quick count lembaga kredibel yang selama ini punya tradisi keilmuan teruhu dan terbukti beberapa tahun belakangan. Dikatakan hampir 99 persen akurasinya," katanya.

Namun demikian, Moeldoko sekali lagi menegaskan bahwa TKN tetap menghormati dan mengikuti proses penghitungan KPU. "Jadi, kami minta masyarakat bersabar tunggu keputusan resmi KPU," tegasnya



Sumber: BeritaSatu.com