Data C-1 Jadi Dasar Prabowo Umumkan Kemenangan

Data C-1 Jadi Dasar Prabowo Umumkan Kemenangan
Calon Presiden no urut 02, Prabowo Subianto memberikan keterangan pada jumpa pers seputar hasil penghitungan sementara pemungutan suara Pemilu 2019 di Sekretariat Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, Jakarta, Rabu (17/4/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Hotman Siregar / CAH Sabtu, 20 April 2019 | 15:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Suhendra Ratu Prawiranegara membeberkan alasan Prabowo mengumumkan kemenangan di Pilpres 2019. Perolehan kemenangan 62 persen berasal dari data formulir C-1 di TPS seluruh Indonesia.

Suhendra menjelaskan, para saksi di setiap TPS memfoto formulir C-1 untuk dikirim ke BPN dan partai koalisi. Setelah itu data yang masuk disusun dengan cara tabulasi.

"Tabulasinya sudah sampai 60 persen. Kita terus pantau hingga semua masuk," ujar Suhendra di Jakarta, Sabtu (20/4/2019).

Atas dasar tabulasi C-1 tersebut, Prabowo mengumumkan kemenangan sebagai pemenang Pilpres 2019.

BPN, kara Suhendra, mendapatkan banyak sekali kecurangan baik oknum pelaksana dan penyelenggara pemilu di lapangan.

"Ini sangat kita sayangkan. Pelaksanaan demokrasi saat ini sangat disayangkan, Kami melihat banyak sekali kecurangan. Kualitas demokrasi sangat merosot. Banyaknya DPT yang invalid," katanya



Sumber: Suara Pembaruan