Taiwan Apresiasi Pelaksanaan Pemilu Indonesia

Taiwan Apresiasi Pelaksanaan Pemilu Indonesia
Suasana pencoblosan di TPS 44 di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (17/4/2019). ( Foto: suarapembaruan / Hotman Siregar )
Asni Ovier / AO Sabtu, 20 April 2019 | 19:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah Taiwan mengapresiasi pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) Indonesia yang diselenggarakan serentak pada 17 April lalu. Taiwan juga mengapresiasi 270.000 warga negara Indonesia yang mengikuti pemilu dengan aman dan tertib di Taiwan.

“Pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota DPR, DPRD, dan DPD berhasil diselenggarakan pada 17 April 2019. Pemerintah Taiwan secara khusus mengirim pesan ucapan selamat kepada pemerintah Indonesia, juga terutama kepada 270.000 pemilih Indonesia yang tinggal di Taiwan, yang melakukan pemilihan secara demokratis di tempat pemungutan suara (TPS) yang didirikan di berbagai tempat di Taiwan,” demikan pernyataan pemerintah Taiwan yang diterima Beritasatu.com di Jakarta, Sabtu (20/4/2019).

Dikatakan, rakyat Indonesia, partai-partai politik, dan semua kandidat telah memberikan contoh kedewasaan berdemokrasi dalam pemilihan kali ini. Mereka telah menunjukkan keberhasilan perkembangan demokrasi Indonesia yang membuat kagum pemerintah Taiwan.

Taiwan dan Indonesia yang dekat secara geografis, bersama-sama berbagi nilai-nilai universal, seperti kebebasan, demokrasi, supremasi hukum, dan hubungan persahabatan. Sejak mempromosikan "kebijakan baru ke arah selatan", hubungan kedua negara menjadi semakin erat, di antaranya di bidang ekonomi, perdagangan, budaya, pendidikan, pertanian, pariwisata, serta interaksi antarwarga yang telah meningkat secara signifikan.

Pemerintah Taiwan menyatakan kesediaan untuk bekerja sama dengan Indonesia atas dasar yang baik, menjunjung tinggi semangat saling menguntungkan, untuk terus memperdalam hubungan kerja sama antara kedua belah pihak di berbagai bidang. Taiwn dan Indonesia akan terus bersama-sama membela kebebasan dan demokrasi serta memperjuangkan perdamaian dan kemakmuran regional.



Sumber: BeritaSatu.com