Wagub Jabar Sebut Santri Berperan Menangkan Jokowi

Wagub Jabar Sebut Santri Berperan Menangkan Jokowi
Joko Widodo dan pendukungnya. ( Foto: Antara )
Hendro D Situmorang / CAH Selasa, 23 April 2019 | 15:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Rizhanul Ulum menilai faktor kemenangan Jokowi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 tak terlepas dari kontribusi para santri. Menurutnya, gerakan santri sangat terasa dalam menggalang suara dukungan yang membuat Jokowi unggul 55 persen versi quick count.

Menurut dia, kehadiran para santri kali ini berbeda dengan event politik sebelumnya. Hal itu dikarenakan santri memiliki tujuan yang jelas untuk memilih calon pemimpinnya yang berasal dari kalangan santri pula, yakni Kiai Ma'ruf Amin.

"Karena dalam salah satu calon pasangan ini ada gurunya, ada panutannya, yaitu KH Ma'ruf Amin, maka santri yang biasanya tidak ikut, mereka ikut dengan hati nuraninya," kata Uu yang mendapat julukan Panglima Santri Jabar, Pondok Pesantren Miftahul Huda, dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Senin (23/4/2019).

Selain itu, Uu menambahkan, Joko Widodo sebagai calon presiden (capres) juga juga merupakan sosok yang selama ini berpihak pada komunitas santri. Ia mencontohkan, baru pada pemerintahan Jokowi, Indonesia mendeklarasikan Hari Santri.

Selain itu, pemerintahan Jokowi juga merancang program rekognisi atau pengakuan kesederajatan lulusan pendidikan pesantren salafiyah dengan pendidikan formal. Berkat itu, alumni pondok pesantren salafiyah yang memiliki pendidikan tingkat tinggi diberikan ijazah sama setara dengan strata 1 atau S1.

"Jadi saat ini santri diakui. Itu adalah loncatan yang sangat berani dari Presiden," kata dia.

Uu menambahkan, ia mendapat informasi jika Jokowi-Ma'ruf resmi terpilih akan mendirikan satu kementerian baru yang mengurusi pondok pesantren. Artinya, anggaran dengan sendirinya akan bertambah atau lebih terfokus. 



Sumber: Suara Pembaruan