KPU Salah Input Data, Prabowo Kalah di TPS Bojongkoneng

KPU Salah Input Data, Prabowo Kalah di TPS Bojongkoneng
Capres no. 02, Prabowo Subianto menyalurkan hak pilihnya di TPS 041 Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Rabu 17 April 2019. ( Foto: BeritaSatu Photo / Emral Firdiansyah )
Vento Saudale / IDS Rabu, 24 April 2019 | 14:07 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor mengakui ada kekeliruan memasukkan (input) data dalam situs penghitungan (Situng) Pemilu 2019 di TPS 09, Desa Bojongkoneng, Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ketua KPU Kabupaten Bogor, Umi Wahyuni menuturkan, kekeliruan itu terjadi ketika di TPS 09 perolehan suara menurut formulir C1 tercatat ada 188 suara sah. Sedangkan untuk perolehan suara untuk pasangan 01 Jokowi-Maruf hanya 16 suara dan pasangan 02 Prabowo-Sandi 172 suara.

"Tetapi di Situng tercatat suara Prabowo-Sandi kalah dengan 96 suara dan Jokowi-Maruf 132 suara," katanya mengkonfirmasi, Beritasatu.com, Rabu (24/4/2019).

Kata dia, kesalahan input C1 memang dimungkinkan terjadi oleh petugas teknis KPU, yaitu saat proses perolehan suara pada scan C1 yang diketik ulang untuk dimasukkan ke dalam Situng. Atas temuan salah input CI ini, KPU langsung mengoreksinya, sehingga data yang ditampilkan sesuai Scan C1.

Umi memastikan, hal itu merupakan kekeliruan pihak petugas KPU dalam memasukan data dari folmulir C1 ke database tabulasi KPU.

"Itu murni human error, tidak ada unsur kesengajaan dan sudah perbaiki" katanya.

Ia pun menjamin, untuk selanjutnya untuk lebih teliti untuk memasukan imput data. Namun demikian, pantauan Beritasatu.com, Rabu (24/4) pukul 14.00 hasil situng belum diubah.

Sebelumnya, beredar foto dugaan kesalahan input formulir C1 ke aplikasi Situng Pemilu 2019 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pasangan capres dan cawapres Prabowo-Sandiaga yang seharusnya menang, justru kalah dalam aplikasi tersebut.



Sumber: Suara Pembaruan