Ratusan Hacker Retas Situs Setiap Hari, KPU: Kami Masih Dilindungi

Ratusan Hacker Retas Situs Setiap Hari, KPU: Kami Masih Dilindungi
Formulir C1 yang bisa dicek di situs KPU. ( Foto: Situs KPU )
Yustinus Paat / WBP Kamis, 25 April 2019 | 10:47 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengakui bahwa situs KPU sering diserang para peretas atau hacker. Bahkan setiap hari terdapat ratusan ratusan hacker yang menyerang situs KPU.

"Setiap hari ada serangan. Dalam satu hari bisa ratusan hacker yang menyerang. Ya alhamdulillah Tuhan masih lindungi KPU," ujar Hasyim Asy'ari di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2019).

Menurut Hasyim Asy'ari, para peretas itu berasal dari seluruh Indonesia, belum ada yang berasal dari luar negeri. "Jadi insyaallah tidak ada hacker dari orang asing," tegas Hasyim Asy'ari.

Sejauh ini, lanjut Hasyim Asy'ari, situs KPU masih aman dan tahan terhadap berbagai upaya yang dilakukan hacker. Petugas informasi teknologi (IT) KPU yang umumnya berasal dari kalangan mahasiswa dan para praktisi IT profesional berhasil menjamin keamanan situs atau server KPU.

Sebelumnya, Ketua KPU, Arief Budiman, mengatakan peretasan situs KPU dilakukan secara individu. KPU menegaskan peretasan situs tidak akan mempengaruhi dan merubah hasil pemilu.

Menurut Arief, para peretas yang mencoba membobol situs KPU bukan hanya satu atau dua orang. Percobaan peretasan juga bukan sekali-dua kali, melainkan sangat sering.



Sumber: BeritaSatu.com