Pengamat: Evaluasi Pemilu Harus Fokus pada Penyelenggara

Pengamat: Evaluasi Pemilu Harus Fokus pada Penyelenggara
Jerry Sumampouw ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Kamis, 25 April 2019 | 20:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pengamat Politik dan juga Koordinator Komite Pemilih Indonesia (Tepi) Jerry Sumampouw menilai Pemilu 2019 sudah cukup baik.

Pasalnya, Pemilu 2019 yang dilaksanakan secara serentak telah mampu meningkatkan partisipasi pemilih dan bisa menghemat anggaran negara.

Evaluasi terkait Pemilu 2019 seharusnya diarahkan kepada penyelenggara pemilu, bukan soal apakah harus dilaksanakan serentak atau dipisah.

"Sebetulnya yang pertama harus kita evaluasi adalah penyelenggara pemilu. Penyelenggara Pemilu itu harus lebih jujur, mengemukakan apa letak persoalan-persoalan yang terjadi pada hari H, jangan ada ditutup-tutupi hanya untuk menyelamatkan kelembagaan," kata Jerry di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Menurut Jerry, secara teknis memang banyak masalah pemilu tahun ini, tapi itu berkaitan dengan kinerja dan kapasitas penyelenggara.

"Seringkali evaluasi kita itu menjadi prematur karena penyelenggara itu mengemukakan evaluasi sambil melihat dan mengamankan dirinya sendiri, enggak boleh begitu," ujar Jerry.

Jerry meminta penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu beserta jajarannya lebih terbuka dan berani introspeksi diri.

Jerry menilai KPU dan Bawaslu tidak sensitif terhadap isu-isu yang muncul dalam Pemilu 2019.

"Kalau ada kekeliruan dan kekurangan harus dikemukakan sejujurnya supaya ini menjadi bahan yang mendalam dan sungguh-sungguh untuk merancang sistem berikutnya," terang Jerry.



Sumber: BeritaSatu TV