KPU Ingatkan Soal Pernyataan Kekacauan Pemilu

KPU Ingatkan Soal Pernyataan Kekacauan Pemilu
Anggota KPU RI Hasyim Asy'ari ( Foto: Beritasatu Tv )
Yustinus Paat / AMA Jumat, 26 April 2019 | 11:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisioner KPU Hasyim Asy'ari mengingatkan publik agar hati-hati dalam menuduh atau menilai bahwa pemilu serentak 2019 kacau atau curang. Menurut Hasyim, jika menuduh demikian harus jelas indikatornya dan bukti-buktinya bahwa terjadi kekacauan pemilu.

"Kita harus hati-hati dan imamnya publik. Jadi kalau ada statement kekacauan pemilu, bagi saya tanda tanya. Indikatornya apa? Yang hasilnya belum diketahui," ujar Hasyim Asy'ari dalam dialog etika pemilu bertajuk "Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu 2019" yang diselenggarakan DKPP di Kantor Bawaslu, Sarinah, Menteng, Jumat (26/4/2019).

Hasyim Asy'ari mengatakan, tahapan rekapitulasi penghitungan perolehan hasil pemilu masih berjalan. Saat ini, sebagian besar sedang rekap di tingkat kecamatan dan sebagian sudah di tingkat kabupaten/kota.

"Itu bisa dipantau, karena memang jadwalnya belum diketahui tahapannya, hasil. Dan rekapitulasi ditingkat PPK," tandas Hasyim Asy'ari.

Hasyim Asy'ari menegaskan bahwa pihaknya sudah berusaha dan bersusah payah menyelenggarakan pemilu serentak 2019. Bahkan, kata dia, sampai ada penyelenggara pemilu yang sakit dan meninggal dunia.

"Ini dikerjakan dengan susah payah, ada yang kelelahan, sakit, dan meninggal dunia. Ini seolah-olah yang bekerja keras, jadi seolah tidak bermakna. Jadi, berpendapat harus berbasis fakta di lapangan," pungkas Hasyim Asy'ari.



Sumber: BeritaSatu.com