Rekapitulasi Pemilu di 129 Kota Luar Negeri, Jokowi-Ma'ruf Amin Unggul Telak

Rekapitulasi Pemilu di 129 Kota Luar Negeri, Jokowi-Ma'ruf Amin Unggul Telak
Panelis telah membuat masing-masing lima pertanyaan dari empat tema yang diperdebatkan.
Yustinus Paat / AMA Jumat, 10 Mei 2019 | 12:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan proses rekapitulasi perolehan suara di 129 kota luar negeri atau wilayah kerja Panitia Pemungutan Luar Negeri (PPLN). Proses ini sudah berlangsung dari Sabtu, 4 Mei 2019 lalu hingga Kamis (9/5/2019) malam.

Meskipun demikian, Komisioner KPU Evi Novida Ginting mengatakan hasil rekapitulasi pemilu luar negeri ini belum bisa dinyatakan selesai. Pasalnya, masih ada satu PPLN yang belum melakukan rekapitulasi karena harus menyelesaikan proses pemungutan suara ulang (PSU), yakni di Kota Kuala Lumpur, Malaysia.

"Jadi baru 129 ya, minus Malaysia. Malaysia bukan keseluruhan Malaysia ya KL (Kuala Lumpur) ya, yang lain sudah kita lakukan. Ini makanya kita menunggu untuk itu dulu, (PSU KL selesai)" ujar Evi Novida Ginting di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, (9/5/2019).

Menurut Evi Novida Ginting, konfigurasi suara atau perolehan suara dari kedua paslon presiden wakil presiden sudah bisa dipetakan. Akan tetapi, KPU belum bisa mendetailkan perolehan suara yang didapat oleh kedua paslon yang ada.

"Saya belum dapat seluruh hasil ya dari panel 1 dan 2. Nanti kita tunggu ya mana tau sudah bisa disampaikan. (Yang jelas) setiap perwakilan (PPLN) sudah kita sahkan di dalam rapat pleno," ungkap Evi Novida Ginting.

Berdasarkan data rekapitulasi KPU, Pasangan Calon Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul telak atas Paslon Nomor Urur 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Jokowi-Ma'ruf unggul di 113 PPLN dan Prabowo-Sandi hanya unggul di 15 PPLN. Sementara di Kota Tunis, Tunisia, kedua paslon mendapat suara yang imbang.

Dari 113 PPLN, Jokowi-Ma'ruf meraih suara sebanyak 520.485. Sementara Prabowo-Sandi mendapatkan 181.116 suara dari 15 PPLN. Ke-15 PPLN yang dimenangkan Prabowo-Sandi adalah Karachi, Jeddah, Istanbul, Tripoli, Sana'a, Riyadh, Khartoum, Kairo, Islamabad, Doha, Damaskus, Dakar, Ankara, Amman, dan Abu Dhabi. PPLN lain dimenangkan Jokowi-Ma'ruf



Sumber: BeritaSatu.com