Tolak Hasil Pilpres, Tetapi Tak Jelas Soal Hasil Pileg

Tolak Hasil Pilpres, Tetapi Tak Jelas Soal Hasil Pileg
Menolak Perhitungan KPU. Calon Presiden nomor 02 Prabowo Subianto menyampaikan pidato pada acara Mengungkap Fakta-Fakta Kecurangan Pilpres 2019 yang diselenggarakan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) di Jakarta, Selasa (14/5/19). Dalam acara yang dihadiri ribuan simpatisan dan partai pendukung Paslon 02 itu dinyatakan bahwa BPN menolak hasil perhitungan sementara KPU karena dianggap banyak kecurangan. BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal ( Foto: BeritaSatu photo / Mohammad defrizal )
Yeremia Sukoyo / HA Rabu, 15 Mei 2019 | 19:33 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno secara tegas menolak hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 karena dianggap telah terjadi kecurangan secara terstruktur, sistematis dan masif (TSM).

Penegasan tersebut bahkan disampaikan sendiri oleh Calon Presiden (Capres) Prabowo dalam simposium "Mengungkap Fakta-fakta kecurangan Pilpres 2019" di Grand Sahid Jaya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Namun demikian, walaupun menolak hasil Pilpres 2019, bukan berarti kubu Prabowo juga menolak hasil Pemilihan Legislatif (Pileg). Padahal, di Pemilu 2019 penyelenggaraan Pilpres dengan Pileg digelar secara serentak.

"Kalau terkait dengan pileg, tentu tanyakan ke masing-masing partai politik. Tentu yang kami sampaikan sebagai BPN, sebagai Capres, dan konteks ini kita sampaikan terkait hasil Pilpres," kata Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, ketika ditemui sesaat setelah diskusi 'Lawan Kecurangan Pilpres 2019 Terstruktur, Sistematis & Masif', di Media Center BPN, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Baca juga: Angka Kemenangan Berubah-ubah, Ini Alasan BPN

Menurut Dahnil, sebagai juru bicara Prabowo-Sandiaga, dirinya tentu hanya membicarakan kapasitasnya di BPN.

"Apalagi kapasitas saya tentu bicara sebagai juru bicara Prabowo-Sandi, jubir BPN," ucapnya.

Sebelumnya, Prabowo tegas menolak hasil penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang masih berlangsung, usai mendengar pemaparan dugaan kecurangan terstruktur, sistematis dan masif yang disampaikan tim ahli Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

"Yang jelas sikap kita adalah menolak hasil penghitungan yang curang," kata Prabowo dalam orasinya di acara 'Mengungkap Fakta-fakta Kecurangan Pemilu Presiden 2019' di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Baca juga: Kubu Prabowo Tegaskan Tidak Percaya Pada MK



Sumber: Suara Pembaruan