Jokowi Tanggapi Prabowo Tolak Hasil Pemilu

Jokowi Tanggapi Prabowo Tolak Hasil Pemilu
Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. ( Foto: Antara )
Robertus Wardi / MPA Rabu, 15 Mei 2019 | 20:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan ke penyelenggara pemilu unntuk mengumumkan hasil Pemilu 2019.‎ Jokowi tidak akan ikutan seperti Capres 02 Prabowo Subianto yang menolak hasil pemilu.

"Ya itu kita serahkan semuanya ke KPU. Kepada penyelenggara yang punya kewenangan adalah kpu. Serahkan ke KPU," kata Jokowi usai menghadiri buka puasa bersama di kediaman Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) di Jln Karang Asem, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019).

Ia diminta komentar terkait penolakan Prabowo terhadap hasil Pemilu yang disampaikan pada Selasa (14/5). Jokowi menjelaskan Undang-Undang (UU) telah mengatur semua mekanisme jika ada keberatan terhadap hasil pemilu.

"Semuanya kan ada mekanismenya. Semuanya diatur konstitusi kita. Semuanya diatur oleh UU. Kita semuanya diatur oleh peraturan KPU. Semua mekanismenya ada. Jadi mestinya semuanya melalui mekanisme yang sudah diatur oleh konstitusi," tutur Jokowi.

Menurutnya, jika ditemukan kecurangan, tinggal dibawa ke Mahkamah Konstitusi (MK). Tidak ada pihak yang tidak taat konstitusi di negera ini karena Indonesia adalah negara hukum.

"Kalau ada kecurangan ke Bawaslu. Kalau sengketa yang lebih besar ke MK. Mekanisme itu sudah diatur.
Negara kita ini sudah aturan mainnya sudah jelas, konstitusinya jelas, UU-nya jelas, aturan hukumnya jelas, ya ikuti," tutup Jokowi.



Sumber: Suara Pembaruan