Kubu Prabowo Tegaskan Hanya Tolak Hasil Pilpres, Bukan Pileg

Kubu Prabowo Tegaskan Hanya Tolak Hasil Pilpres, Bukan Pileg
Ilustrasi pemilu. ( Foto: Antara )
Robertus Wardi / HA Kamis, 16 Mei 2019 | 22:37 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto telah menyatakan menolak hasil penghitungan suara Pemilu 2019 pada Senin (12/5) lalu.

Namun, Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menegaskan penolakan itu hanya sebatas hasil pemilihan presiden (Pilpres), sedangkan hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) tetap diterima.

"Pilpres saja, karena tidak urusan dengan Pileg-nya," kata Juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade di Jakarta, Kamis (16/5).

Ia menjelaskan yang banyak ditemukan kecurangan adalah Pilpres. Dengan alasan itu, BPN perlu mengambil sikap dengan menolaknya.

"Jelas sekali di Pilpres adanya indikasi aksi-aksi kecurangan,” tuturnya.

Ia menyebutkan ‎kecurangan yang terjadi adalah indikasi dorongan para kepala daerah dan aparatur sipil negara (ASN) mendukung Jokowi. Hal itu sudah melanggar aturan.

Hari sebelumnya, ‎Koordinator Juru Bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan hal senada. Dia menyebutkan penolakan yang disampaikan Prabowo hanya untuk Pilpres.

"Kalau terkait dengan pileg, tentu tanyakan ke masing-masing partai politik. Tentu yang kami sampaikan sebagai BPN, sebagai Capres, dan konteks ini kita sampaikan terkait hasil Pilpres," kata Dahnil.



Sumber: Suara Pembaruan