Ini Lima Provinsi dengan Kemenangan Terbesar untuk Jokowi

Ini Lima Provinsi dengan Kemenangan Terbesar untuk Jokowi
Suasana pengumuman hasil rekapitulasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum, Selasa 21 Mei 2019 dini hari. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao )
Heru Andriyanto / HA Selasa, 21 Mei 2019 | 06:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kemenangan calon petahana Joko Widodo dalam pemilihan presiden 2019 sangat ditentukan oleh sejumlah provinsi tertentu, di mana dia mencatat kemenangan sangat telak untuk menambah gap dengan Prabowo Subianto.

Dari hasil rekapitulasi suara seluruh provinsi yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Selasa (21/5/2019) dini hari, terlihat Jokowi mampu menciptakan selisih 26,58 juta suara atas Prabowo dari lima provinsi andalannya, yang mampu menjadi cushion atau peredam atas kekalahannya di sebagian besar wilayah Sumatera.

Di Jawa Tengah selisih suara Jokowi atas Prabowo mencapai 11,88 juta suara, itu saja setara dengan total jumlah suara sah di dua atau tiga provinsi di Sumatera.

Setelah itu ditambah surplus dari Jawa Timur sebesar 7,79 juta suara, menutupi kehilangan Jokowi di Jawa Barat yang mencapai 5,33 juta suara.

Berikut daftar lima provinsi dengan selisih suara terbesar untuk Jokowi:

Provinsi lumbung suara Jokowi

Selain itu, di enam provinsi Jokowi mencatat persentase kemenangan di atas 75%, termasuk Bali dan Papua yang mencapai di atas 90 persen. Dengan kata lain, sembilan dari 10 warga usia pemilih di dua provinsi tersebut adalah pendukung Jokowi.

Berikut daftar lima provinsi dengan persentase kemenangan terbesar untuk Jokowi:

Provinsi lumbung suara Jokowi



Sumber: BeritaSatu.com