Fahri Hamzah: Rakyat Bakal Melawan Balik Jika Terus Diancam

Fahri Hamzah: Rakyat Bakal Melawan Balik Jika Terus Diancam
Fahri Hamzah. ( Foto: Antara / Akbar Tado )
Hotman Siregar / WBP Selasa, 21 Mei 2019 | 10:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Penangkapan aktivis seperti Egi Sudjana, hingga Lieus Sungkharisma, menambah daftar orang yang ditangkap terkait tuduhan ancaman terhadap keamanan negara atau makar.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan kekuasaan jangan digunakan untuk menekan masyarakat. Penegak hukum, harus sadar kalau rakyat dapat melawan balik dengan keras bila terus ditekan. "Buat apa mengancam dan menggunakan kekuasaan untuk mengancam dan menekan. Sadarlah bahwa rakyat adalah tenaga yang permanen dalam sejarah negeri ini,” kata inisiator Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) itu di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Karena itu, menurut Fahri Hamzah, jangan ada pembungkaman terhadap rakyat. Apabila disumbat, dan dikriminalisasi, rakyat akan melawan dan bisa terjadi bencana bagi bangsa. “Itu seperti membangun tanggul dan dam bagi air yang selalu mengalir mencari titik terendah untuk diisi dan dikoreksi. Lihat saja, dam dan tanggul akan jebol dan air bah bisa saja datang menjadi bencana bagi kita semua,” ujar Fahri Hamzah.

Terkait penangkapan sejumlah aktivis yang dituduh makar, menurut Fahri Hamzah, hal itu berlebihan. "Saya hanya mengingatkan perlunya kedewasaan dan kekuasaan yang berwajah ramah," kata Fahri Hamzah.



Sumber: Suara Pembaruan