Jusuf Kalla Puas Hasil Pileg Golkar

Jusuf Kalla Puas Hasil Pileg Golkar
Wakil Presiden Jusuf Kalla ( Foto: Antara/Puspa Perwitasari )
Robertus Wardi / WBP Selasa, 21 Mei 2019 | 15:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar (PG) Jusuf Kalla (JK) mengaku puas dengan hasil Golkar pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 ini. Golkar menempati peringkat ketiga perolehan suara di bawah PDIP dan Gerindra. Namun di urutan kedua jumlah perolehan kursi.

"Puas lah, dibandingkan dengan berbagai perkiraan semula," kata JK di Istana Wakil Presiden (Wapres), Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019).

Jusuf Kalla diminta tanggapan terkait hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 dari Golkar. Menurutnya, hasil yang diperoleh sudah maksimal karena berbagai survei sebelum pemilu menyebut suara Golkar jatuh, bahkan hingga 8-9 persen. "Dapat 14 persen kan. Yang penting kan kursi di DPR," ujar JK yang juga sebagai Wapres RI.

Sebagaimana diketahui, Golkar berada di peringkat tiga dalam perolehan suara secara nasional. Namun dalam perolehan kursi di DPR, Golkar menempati peringkat dua dengan jumlah 85 kursi.

Jusuf Kalla menegaskan boleh saja mendapat suara besar tapi jika hanya tersebar di Pulau Jawa maka jumlah kursi di DPR pasti kecil. Kelebihan Golkar adalah pemilihnya tersebar di seluruh Indonesia. Hal itu membuat raihan kursi Golkar lebih banyak dari Gerindra, sekalipun Gerindra meraih suara kedua terbanyak secara nasional. "Yang penting kan ujung-ujungnya kursi, bukan suara. Suara itu karena tergantung suara ini dapat dari mana. Kalau suaranya terkumpul di Jawa maka kursinya sedikit. Kalau Golkar menyebar ke luar Jawa, walaupun beda," tutup Jusuf Kalla.



Sumber: Suara Pembaruan