Megawati Senang Puan Maharani Disebut Calon Kuat Ketua DPR

Megawati Senang Puan Maharani Disebut Calon Kuat Ketua DPR
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, menunjukkan jari kelingking, usai memberikan hak pilih di TPS 62, di RT 010 RW 004 Kebagusan. ( Foto: David Gita Roza )
Carlos KY Paath / MPA Selasa, 21 Mei 2019 | 20:49 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meraih 27.053.961 suara pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 2/2018 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3), jabatan ketua DPR diisi anggota DPR dari partai politik pemenang Pemilu.

Ketua DPP PDIP nonaktif, Puan Maharani digadang-gadang menjabat ketua DPR. Lalu bagaimana respons Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri? “Saya sebagai ibunya tentunya senang,” kata Megawati di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Untuk diketahui, Megawati merupakan ibu dari Puan Maharani. Pada Pileg, Puan diusung PDIP sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah (Jateng) V. Menurut Megawati, partainya belum memutuskan nama Puan menjadi ketua DPR.

“Tapi saya kataakan tunggu dulu. Kami harus rapat. Karena kan tidak hanya ketua (DPR) saja, ada wakilnya. Di DPR ada juga komisi-komisi. Di situ kami nanti berbicara,” ucap Puan yang juga Presiden Kelima RI.

Sebelumnya, Puan menyatakan, dirinya masih fokus mengemban tugas sebagai menteri koordinator (menko) pembangunan manusia dan kebudayan (PMK). Puan pun mengungkap, sama sekali belum ada pembicaraan di internal PDIP terkait penugasan atau posisi-posisi tertentu di DPR.

“Ya mungkin kandidat (ketua DPR), Tapi belum ada hal lain yang akan menjadi keputusan,” ucap Puan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/5). Di dapil yang meliputi Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Surakarta, Puan meraih sekitar 420 ribu suara



Sumber: Suara Pembaruan