Kunjungi Bawaslu, Anies Imbau Massa Lakukan Demo dengan Tertib

Kunjungi Bawaslu, Anies Imbau Massa Lakukan Demo dengan Tertib
Anies Baswedan. ( Foto: B1/Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / JAS Rabu, 22 Mei 2019 | 16:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Di saat massa masih terus menyuarakan orasi dan aspirasinya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunjungi kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019).

Anies langsung mengadakan pertemuan tertutup dengan Bawaslu. Seusai pertemuan tersebut Anies mengatakan pihaknya melakukan koordinasi dengan Bawaslu.

“Tadi koordinasi. Dari penjelasan tadi memang saya minta kepada semua pihak menahan diri. Kemudian Jakarta secara umum itu suasananya tenang, tertib. Yang memang ramai adalah sekitar Petamburan dan Jalan Thamrin. Di sini ada kondisi pengamanan yang ekstra. Kalau sisanya baik-baik saja, tenang-tenang saja,” kata Anies di Bawaslu RI.

Karena itu, ia mengimbau semua pihak, baik massa maupun aparat keamanan menjaga suasanya aksi tetap tertib hingga sore atau malam hari. Supaya peristiwa kerusuhan kemarin malam hingga dini hari pagi tadi tidak terulang kembali hari ini.

“Massa pendemo lakukan dengan tenang, tertib seperti juga kalau kita menyampaikan pendapat, aspirasi dengan damai. Kita sudah turut jaga itu. Bagi petugas, jalankan sesuai SOP. Kalau itu dijalankan, insyaallah, semuanya aman,” ujar Anies Baswedan.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, ratusan massa unjuk rasa masih memadati perempatan Jalan MH Thamrin atau Sarinah. Mereka tidak bisa masuk ke dalam Jalan MH Thamrin, karena jalan sudah ditutup dengan blokade kawat berduri.

Begitu juga dari arah Bundaran HI, kedua sisi jalan di Jalan MH Thamrin sudah ditutup dengan blokade barisan polisi bertamengkan perisai antihuru-hara.

Akibatnya, massa pendemo harus melalui jalan belakang Sarinah, tepatnya Jalan St Theresia dan KH Wahid Hasyim untuk bergabung dengan massa yang sudah terlebih dahulu tiba.



Sumber: BeritaSatu.com